Ilustrasi prosesor Intel
Ilustrasi prosesor Intel ( cnet.com)

Intel Bicara soal Investasi di Indonesia dan Strategi Hadapi Kelangkaan Chip

8 Oktober 2022 11:09 WIB

SonoraBangka.ID - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Intel, bicara soal investasi di Indonesia. Intel menunjukkan ketertarikannya berinvestasi di Tanah Air.

Menurut Steve Long, Corporate Vice President, Sales and Marketing Group & General Manager Asia Pacific & Japan Intel Corporation, Indonesia adalah pasar yang sangat menarik bagi perusahaan multinasional termasuk Intel.

Ia menilai Indonesia memiliki sejumlah aspek yang punya potensi, seperti pertumbuhan PDB jangka panjang, peningkatan penetrasi internet, serta memiliki tenaga kerja muda yang berbakat.

"Seiring dengan kemajuan pesat digitalisasi Indonesia dan rencana Making Indonesia 4.0 dari pemerintah, kami melihat potensi besar pertumbuhan permintaan akan layanan cloud dan IT," kata Steve, Kamis (6/10/2022).

"Contohnya, diperkirakan bahwa pasar data center Indonesia akan mencapai revenue sebesar 3 miliar dollar AS pada 2026," lanjut Steve.

Steve juga mengatakan, Intel telah berinvestasi di Indonesia dalam bentuk program lokal seperti program "Intel AI for Youth".

Program tersebut bertujuan untuk memperluas kesiapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di sekolah pemerintah.

"Sejalan dengan ambisi Industri 4.0 untuk beralih dari ekonomi berbasis sumber daya, ke ekonomi berbasis pengetahuan untuk mengatasi kesenjangan digital," ungkap Steve.

Intel sendiri, menurut Steve, menggelontorkan investasi besar tidak hanya di Amerika Serikat dan Uni Eropa, melainkan juga Asia.

Pada 2021 lalu, Intel berinvestasi sebesar 475 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,2 triliun di Vietnam. Intel juga membuat fasilitas pengemasan yang canggih di Malaysia senilai 7 miliar dollar AS atau setara Rp 106 triliun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm