Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan pemerintah dan Tesla masih membahas rencana investasi Tesla.
Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan pemerintah dan Tesla masih membahas rencana investasi Tesla. ( KOMPAS.com)

Jubir Luhut: Rencana Investasi Tesla di RI Masih Berproses

8 Oktober 2022 11:13 WIB

SonoraBangka.ID - Perusahaan kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla Inc, digadang-gadang ingin mendirikan pabrik di Indonesia. Lantas bagaimana kelanjutan investasi Tesla di Indonesia?

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan pemerintah dan Tesla masih membahas rencana investasi tersebut.

"Tesla masih berproses lah. Tentunya masih ada hal-hal yang enggak bisa kita disclose ya. Kan ada non-disclosure agreement (NDA) juga dengan pihak Tesla," ucapnya ditemui di Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Namun, Jodi memberikan kepastian bahwa perusahaan otomotif milik Elon Musk ini akan tetap berinvestasi ke Indonesia melalui rantai pasoknya.

"Masih berproses semuanya, negosiasinya. Mungkin masuk ke dalam salah satu bagian supply chain-nya ya," lanjut dia.

Selain Tesla, Jodi mengatakan perusahaan otomotif lainnya yakni Hyundai dan Ford justru sudah dipastikan akan membangun pabriknya di kawasan industri di Indonesia.

"Targetnya secepat mungkin (upaya Tesla membangun pabrik otomotif di Indonesia). Karena beberapa perusahaan kayak Hyundai, Ford komitmennya sudah detail," jelas Jodi.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut B. Pandjaitan mengatakan, rencana investasi Tesla masih akan membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar.

"Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari, ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo. Jadi kita harus sabar, supaya nantinya bisa benar-benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan," katanya dalam siaran pers, Senin (23/5/2022).

Selama ini kata Luhut, Kemenko Marves telah menjalin komunikasi yang sangat baik sejak dua tahun belakangan baik dengan Elon Musk dan juga Tesla. Menurut Luhut, pendiri SpaceX tersebut sangat tertarik untuk melakukan investasi di industri nikel Indonesia yang dinilai sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem kendaraan listrik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jubir Luhut: Rencana Investasi Tesla di RI Masih Berproses ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/10/07/213000926/jubir-luhut--rencana-investasi-tesla-di-ri-masih-berproses-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm