Ilustrasi berkendara saat hujan(Dok. DAM)
Ilustrasi berkendara saat hujan(Dok. DAM) ( KOMPAS.COM)

Tips Memilih Jas Hujan yang Aman dan Nyaman

8 Oktober 2022 22:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Berkendara di musim hujan selain di tuntut lebih hati-hati, pengguna sepeda motor wajib menyiapkan mantel atau jas hujan sebagai peralatan keamanan dan keselamatan berkendara tambahan. 

Pemilihan jas hujan tak boleh sembarangan, sebab bisa sangat berbahaya. Pengendara sepeda motor harus menyesuaikan aspek keamanan, keselamatan, dan fungsi. Lantas seperti apa?

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, aturannya model jas hujan harus benar-benar fit dan tidak terlalu longgar. Poin berikutnya, warna tak boleh gelap supaya mudah terlihat jelas pengendara lainnya. 

Model jas hujan ponco tak di rekomendasikan lantaran mudah terbang dan berpotensi tersangkut rantai, gir, atau kendaraan di sekitar. 

"Ukuran jas hujan model baju dan celana harus fit dan tidak kedodoran. Jika longgar masih ada risiko tersangkut. Warna juga wajib terang, supaya memudahkan pengendara kendaraan lainnya mengetahui keberadaan pengendara, apalagi di malam hari," ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022). 

Ukuran jas hujan yang terlalu longgar juga memungkinkan air tetap masuk mengenai pakaian. Ada celah yang jadi jalan air, yakni di bagian bawah leher.

"Itu kan masih ada space tersisa dekat ujung resleting atas, nah kalau hujan semakin deras dan anginnya kencang ada temen yang pernah cerita kalau sedikit-sedikit airnya ternyata tembus sampai pakaian," katanya. 

Kemudian bahan kualitas jas hujan yang di rekomendasikan, minimal berbahan coating glossy atau bahan bening yang anti embun seperti jas hujan dari Polyvinyl chloride (PVC). Tujuannya, agar pengendara tetap nyaman saat bergerak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Pilih Jas Hujan yang Aman dan Nyaman", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/08/164200615/tips-pilih-jas-hujan-yang-aman-dan-nyaman.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm