Lepas Ekspor HP Samsung ke Singapura, Mendag Zulhas: Indonesia Bisa Jadi Basis Produksi Ponsel Pintar
Lepas Ekspor HP Samsung ke Singapura, Mendag Zulhas: Indonesia Bisa Jadi Basis Produksi Ponsel Pintar ( KOMPAS.com)

Lepas Ekspor HP Samsung, Mendag Zulhas: Indonesia Bisa Jadi Basis Produksi Ponsel Pintar

13 Oktober 2022 17:09 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas ekspor ponsel pintar (smartphone) yang diproduksi PT Samsung Electronic Indonesia (SEIN) di Cikarang Utara, Jawa Barat, ke Singapura.

Mendag Zulkifli mengatakan, pelepasan ekspor ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengamanatkan agar kegiatan eskpor terus dipacu.

"Presiden Joko Widodo mengarahkan kepada kami untuk bekerja sama dengan semua pihak untuk meningkatkan ekspor. Salah satunya dengan Samsung, kami hadir melepas ekspor sebagai bentuk dukungan dari pemerintah," ujar Mendag Zulkifli Hasan saat pelepasan eskpor di Cikarang Utara, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Zulhas, sapaanya, membeberkan, PT SEIN telah mengekspor 8 juta unit ponsel pintar ke berbagai negara sejak 2018 hingga kuartal ke-3 tahun 2022.

Menurut Zulhas, capaian ekspor ini tentunya dapat mendorong Indonesia untuk menjadi basis produksi untuk produk elektronik, termasuk ponsel pintar (smartphone).

Capaian ini, lanjut Mendag Zulhas, dimungkinkan karena kerja keras dan dedikasi para eksportir Indonesia, termasuk PT SEIN.

“Namun, kita tidak boleh lengah sebab tantangan global ke depannya akan semakin besar. Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada saya untuk meningkatkan ekspor dan meminta agar Kemendag melakukan misi dagang setiap bulan,” jelasnya.

Mendag Zulhas menjelaskan, sektor elektronik merupakan sektor unggulan yang masuk dalam prioritas Making Indonesia 4.0. Sektor elektronik (HS 85) merupakan komponen ekspor ke-4 terbesar dalam struktur ekspor Indonesia.

Pada periode Januari-Juli 2022, nilai ekspor elektronik Indonesia mencapai 9,43 miliar dollar AS. Nilai ini naik 18,9 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 7,93 miliar dollar AS.

Sedangkan pada 2021, ekspor elektronik Indonesia mencapai nilai 14,1 miliar dollar AS dengan tren 5 tahunan (2017-2021) positif sebesar 6,54 persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm