Ganti air aki mobil(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
Ganti air aki mobil(KOMPAS.com/STANLY RAVEL) ( KOMPAS.COM)

Biar Tak Salah, Simak Perbedaan Aki Kering, Basah, dan Hybrid

13 Oktober 2022 17:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Aki menjadi salah satu komponen penting bagi mobil, apalagi transmisi matik. Karena itu dari segi perawatan juga tak boleh diabaikan.

Perlui diketahui ada tiga jenis tipe aki yang beredar di pasaran, yaitu aki kering, basah, dan hybrid.

Ketiganya menawarkan kelebihan masing-masing. Lantaran itu penting bagi pemilik mobil yang ingin mengganti mengetahui dulu perbedaannya. 

Meski disebut aki kering atau maintenance free (MF), ternyata isinya juga cairan elektroda tapi dalam bentuk gel yang padat. Hal ini jadi poin keunggulannya karena tak ada ritual isi ulang air aki.  

Andreas Hardjo Pemilik Menyanan Jaya Aki Semarang menjelaskan, kebanyakan pemilik mobil jatuh hati dan memilih aki maintenance free (MF) lantaran gampang dalam perawatan.

"Enak dan praktis, tidak ada cek level air aki. Biasanya pemiliknya adalah pekerja formal yang tak memiliki waktu luang," ucap Andreas kepada Kompas.com, Rabu (12/10/2022).

Tapi jenis aki MF atau kering harganya terbilang lebih mahal dari aki basah. Menurut Andreas, tipe aki kering 70 A untuk mobil MPV seperti Innova Diesel dan Isuzu Panther dibanderol Rp 1.390.000, selisih sekitar Rp 270.000 dari tipe basah. 

  • Aki Basah

Aki basah biasanya digunakan pemilik mobil yang benar-benar hobi merawat kendaraan, karena masih perlu pengecekan yang teliti. 

Nomor satu soal pemeriksaan level ketinggian air aki. Kalau beres, bisa lanjut cek detail terminal aki, tujuannya melihat apakah ada kerak indikasi penguapan berlebih. 

"Soal harga memang aki basah lebih murah, tapi perawatannya yang ribet. Air aki kalau kurang cell tak bisa terendam semuanya. Beda lagi jika kelebihan, penguapan hasilnya kutub terminal aki berkerak. Juga berisiko ke bodi terutama dekat aki jadi rawan keropos," kata Andreas. 

  • Aki Hybrid 

Sementara aki hybrid, model ini mirip seperti aki basah dan berisi cairan elektroda. Banyak yang menggangap jenis aki ini merupakan versi baru aki basah yang dibedakan namanya.

Hal tersebut salah kaprah, Pemilik Bengkel Instalasi Mranggen Trias mengatakan, sama-sama basah, tapi antara Hybrid dan aki basah Premium beda teknologinya. 

Tipe hybrid memang dikategorikan aki basah, tapi bahan dan teknologi di desain seperti aki bebas perawatan supaya minim penguapan.

"Aki basah biasa tingkat penguapan air biasanya tinggi. Teknologi baru dan penyempurnaan untuk model hybrid bertujuan mengurangi penguapan. Sering disebut gabungan antara aki basah dan maintenance free (MF)," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biar Tak Salah, Ini Perbedaan Aki Kering, Basah, dan Hybrid", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/13/083100415/biar-tak-salah-ini-perbedaan-aki-kering-basah-dan-hybrid?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm