Pembersihan injektor di sisi luarnya saja dengan cara pembongkaran(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Pembersihan injektor di sisi luarnya saja dengan cara pembongkaran(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Tiga Cara Untuk Membersihkan Injektor pada Mesin Bensin

15 Oktober 2022 16:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Untuk menjaga performa mesin, injektor perlu dibersihkan secara berkala. Pasalnya, kalau injektor sudah tidak mampu mengabutkan bahan bakar dengan baik, tenaga mesin akan menurun.

Rupanya, lubang-lubang halus pada injektor membutuhkan teknik khusus dalam pembersihannya agar hasilnya maksimal.

Sementara itu, ada beberapa cara untuk membersihkan injektor pada mesin bensin. Apa saja itu?

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo mengatakan, ada beberapa cara untuk membersihkan injektor pada mesin bensin, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

“Injektor itu wajib dibersihkan ya, karena komponen ini terdiri dari beberapa lubang jarum yang sangat halus, itu jika kotor mudah tersumbat yang pada akhirnya membuat pengabutan bahan bakar menjadi tidak optimal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Dia mengatakan pembersihan injektor bisa beragam caranya, namun yang paling baik adalah dengan menggunakan alat khusus yang menggunakan cairan pembersih khusus.

“Cara yang terbaik ya dengan membongkar injektor untuk dipasang ke alat pembersih injektor, menggunakan cairan khusus injektor akan dicoba mengabutkan bahan bakar pada berbagai kecepatan,” ucap Hardi.

Dia mengatakan dengan alat tersebut pola pengabutan bahan bakar bisa terlihat, bila ada injektor yang bermasalah maka pola pengabutannya akan terlihat berbeda dengan lainnya.

“Pola pengabutan bisa terlihat mirip nyala lampu, garis kuat dan berbentuk kabut, cara tersebut sekaligus sebagai pembersihan karena menggunakan cairan pembersih,” ucap Hardi.

Dia mengatakan, sedangkan pembersihan dengan cara yang lebih sederhana yaitu dengan tidak melepas injektor namun melepas saluran bahan bakar untuk dimanipulasi aliran bensinnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm