( Shutterstock)

Hati-hati dengan Aplikasi Berbahaya di Ponsel, Bisa Curi Data Pribadi!

17 Oktober 2022 11:28 WIB

SonoraBangka.id - Di jaman sekarang ini, biasanya dalam hanphone kita banyak sekali aplikasi yang di download.

Belakangan ini keamanan aplikasi banyak mendapatkan sorotan, mulai dari aplikasi yang paling wajib digunakan, yakni Peduli Lindungi yang dituding tidak aman dan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM), Hingga aplikasi pengingat salat yang diduga mencuri data pribadi penggunanya.

Saat artikel ini ditulis, bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah melakukan pendalaman mengenai 11 aplikasi mobile yang diduga mencuri data pribadi pengguna.

Adapun data yang berpotensi dicuri meliputi nomor ponsel, alamat email, nomor
IMEI, data GPS, dan lainnya.

Untuk diketahui, dengan data pribadi kita, para pencuri data bisa membobol akun pribadi, membuat akun pinjaman online dengan data kita, menjadikan kita sasaran iklan internet, sampai
menjual data untuk kepentingan pemasaran.

Periksa Keamanannya

Kita semua tentu tak ingin data kita disalahgunakan. Untuk itu, Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengingatkan agar masyarakat untuk waspada setiap kali akan mengunduh atau menggunakan aplikasi. Setidaknya dengan selalu memastikan keamanannya dengan tiga hal ini. Apa saja?

1. Penyedia aplikasi resmi

Pastikan bahwa kita hanya menginstal aplikasi dari penyedia aplikasi resmi, yakni PlayStore untuk pengguna Android, AppStore bagi pemilik gawai bersistem operasi iOS.

“Hindari memasang aplikasi dari tautan yang tidak resmi. Aplikasi yang diunduh dari penyedia resmi merupakan salah satu pilihan teraman karena telah dilakukan pemeriksaan terhadap aplikasinya,” kata Dedy kepada NOVA.  

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm