Ilustrasi mengamankan berbagai data pribadi untuk menghindari kejahatan di dunia maya.
Ilustrasi mengamankan berbagai data pribadi untuk menghindari kejahatan di dunia maya. ( Dok. iStock)

Harus Tahu, Ini 7 Tips Mencegah Pencurian Data Pribadi di Internet

17 Oktober 2022 11:37 WIB

SonoraBangka.id - Teknologi internet diketahui sangat memudahkan kita dalam menyimpan informasi, kehidupan pribadi, hingga data keuangan.

Di era teknologi ini, kita tidak bisa lepas dari penggunaan internet dan smartphone.

Namun, jika kita tidak berhati-hati, kita bisa mengalami pencurian data pribadi di internet yang dilakukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Meski begitu, kita tetap bisa mengamankan data-data pribadi kita dengan beberapa cara berikut ini. Dikutip dari BrightSide, berikut ini tersedia 7 cara mencegah pencurian data pribadi di internet.

1. Jangan mengirim uang kepada seseorang yang mengaku sebagai teman atau anggota keluarga

Seorang teman dekat atau anggota keluarga tiba-tiba menelepon dengan nomor biasa dan memberi tahu kita bahwa mereka sangat membutuhkan uang.

Satu hal yang harus kita perhatikan adalah suara. Pasalnya, si penipu mungkin akan mencoba terdengar sangat khawatir dan memberi arahan tentang cara mengirim uang dengan segera.

Setelah kita menutup telepon, telepon ulang nomor itu tanyakan langsung apakah dia benar-benar menelepon kita.

Juga, hubungi nomor yang ditelepon oleh para penipu. Jika mereka berhasil memalsukannya, kita mungkin tidak dapat memanggilnya kembali.

2. Jangan mengisi daya ponsel menggunakan fasilitas publik

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm