mika lampu kusam bagian atasnya, tanda terkena sinar matahari terlalu lama.(Kompas.com/Erwin Setiawan)
mika lampu kusam bagian atasnya, tanda terkena sinar matahari terlalu lama.(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Cara Ampuh Membersihkan Kusam Pada Mika Lampu Mobil

21 Oktober 2022 19:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Lampu utama pada mobil yang berusia 10 tahun ke atas warnanya akan berubah. Biasanya, tidak lagi bening melainkan menguning atau terlihat menjadi kusam.

Rupanya, sudah menjadi hukum alam bahwa mika lampu mobil lama kelamaan akan berubah warnanya.

Hal tersebut, lantaran sinar lampu menghasilkan panas yang bisa membuat mika kusam. Selain itu kebiasaan parkir di bawah terik matahari akan mempercepat lampu mobil kusam.

Pemilik Zabadi Body Repair Fairu, mengatakan kusam pada mika lampu tidak bisa dihindari, namun kusam tersebut masih bisa dihilangkan.

“Untuk membuat mika lampu tidak akan mengalami kusam itu mustahil, karena mika lampu lama-lama ya akan kusam, entah karena panas sinar matahari atau dari lampu itu sendiri,” ucap Fairu kepada Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Dia mengatakan walau tidak bisa dihindari, kusam pada mika lampu masih bisa dihilangkan dengan dipoles.

“Mika lampu bisa dihilangkan dengan mudah melalui beberapa tahapan, mulai dari pengamplasan halus, hingga pemolesan dengan obat poles,” ucap Fairu.

Dia mengatakan selain itu, bisa juga cara menambahkan cat khusus untuk mika lampu agar kejernihannya meningkat.

“Mika lampu yang sudah dipoles kering, bisa juga ditambahkan pelapis clear biar kejernihannya meningkat, itu cukup efektif menangani mika lampu yang kusam,” ucap Fairu.

Jadi, tahapan mengembalikan mika lampu yang sudah kusam bisa dimulai dengan mengamplas tipis mika lampu, setelah itu dipoles, lalu dilapisi clear untuk memperkuat kejernihan mika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Ampuh Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Sudah Kusam", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/21/121200215/cara-ampuh-membersihkan-mika-lampu-mobil-yang-sudah-kusam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm