Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense
Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense ( Techspot)

Rumor: Bocoran Spesifikasi dan Waktu Peluncuran PS5 Pro

24 Oktober 2022 17:10 WIB

SonoraBangka.ID - Usia konsol PlayStation 5 (PS5) hampir menginjak dua tahun. Apabila mengacu pada konsol pendahulunya, ada kemungkinan Sony bakal meluncurkan konsol versi Pro untuk PS5.

Desas-desus kehadiran konsol PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. Kini, rumor tersebut semakin diperkuat dengan kabar yang disampaikan Tez2, orang dalam Rockstar yang kerap membocorkan game Grand Theft Auto (GTA).

Melalui forum diskusi online GTA Forums, Tez2 mengatakan bahwa Sony telah membagikan developer kit (devkit) PS5 Pro kepada para studio game AAA.

Tez2 menuturkan bahwa tools khusus yang ditujukan untuk membantu mengembangkan game itu akan diterima oleh studio game, selambat-lambatnya pada awal tahun 2023.

Kendati demikian, Tez2 tidak membeberkan apa saja isi dari developer kit PS5 Pro. Namun, dapat diprediksi bahwa PS5 Pro bakal meluncur dengan membawa banyak peningkatan dibandingkan konsol versi reguler-nya.

Sejumlah rumor lain menyebutkan bahwa PS5 Pro akan memiliki sistem pendinginan lebih baik yang dapat menjaga suhu termal Accelerated Processing Unit (APU) AMD pada konsol.

Mengacu pada developer kit PS5 yang bocor beberapa waktu lalu, PS5 Pro disinyalir akan membawa APU AMD yang mengusung arsitektur RDNA3.

Sebagaimana dihimpun dari Gizmochina, Senin (24/10/2022), tidak menutup kemungkinan PS4 Pro akan hadir dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yakni 2 TB.

Apabila deretan rumor di atas terbukti benar, ada kemungkinan PS5 Pro akan meluncur pada pertengahan atau akhir tahun 2024.

Sebelumnya, Sony merilis konsol PlayStation 4 Pro (PS4 Pro) pada tahun 2016, selisih tiga tahun dari peluncuran perdana PS4 yang berlangsung pada 2013.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rumor PS5 Pro: Bocoran Spesifikasi dan Waktu Peluncuran", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/10/24/17000087/rumor-ps5-pro--bocoran-spesifikasi-dan-waktu-peluncuran.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm