Ilustrasi pengendara yang mengendarai mobil pada cuaca ekstrem. (DOK. Shutterstock. )
Ilustrasi pengendara yang mengendarai mobil pada cuaca ekstrem. (DOK. Shutterstock. ) ( KOMPAS.COM)

Cara Benar Memegang Setir Mobil, Seperti Memegang Payung

27 Oktober 2022 21:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Cara memegang setir mobil menjadi salah satu aspek saat berkendara. Kendati terlihat sepele, posisi memegang setir yang tidak tepat akan membuat mobil sulit dikendalikan.

Tidak cuma itu saja, salah teknik memegang setir mobil akan membuat pengendara alami cedera.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan kalau salah salah memegang setir saat mengendarai mobil akan membuat jari atau bahu pengendara bermasalah.

“Yang bisa cedera adalah jari tangan atau bahu pengemudi ketika bermanuver berbelok. Jadi posisi tangan mengambil haluan dari dalam lingkar setir, tepatnya ketika terjadi stuck putaran setir akibat ban tersangkut atau melewati lubang,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Sony menyarankan bagi para pengemudi, cara pegang setir mobil yang baik adalah seperti memegang payung. Posisi seperti memegang payung artinya jempol menghadap ke atas.

“Jempol menghadap keatas dan 4 jari merangkul grip steer. Posisi tangan kiri dan kanan berseberangan di steer. Jika diasumsikan seperti jarum jam menunjukan angka 9 dan 3,” kata Sony.

Untuk mencegah risiko cedera serius pada pengemudi serta penumpang, memegang setir saat memutar juga diperlukan teknik yang tepat.

Sony menyebutkan kalau pengemudi bisa menggunakan dua teknik setir. Kedua teknik putar setir tersebut ialah Hand Over dan Pull and Push atau teknik tarik dan dorong.

“Secara prinsip kedua teknik ini tangan memutar dari arah luar steer,” kata Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Benar Pegang Setir Mobil, Seperti Pegang Payung", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/27/172100915/cara-benar-pegang-setir-mobil-seperti-pegang-payung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm