CEO AirAsia Group Tony Fernandes saat menghadiri perayaan 500 juta penumpang di Bangkok, Thailand, Selasa (15/5/2018).
CEO AirAsia Group Tony Fernandes saat menghadiri perayaan 500 juta penumpang di Bangkok, Thailand, Selasa (15/5/2018). ( KOMPAS.com)

Tony Fernandes Mundur dari Posisi CEO Air Asia

2 November 2022 10:37 WIB

SonoraBangka.ID - Tony Fernandes mengundurkan diri dari posisi CEO AirAsia X Bhd. Fernandes mundur setelah kembali ditunjuk sebagai CEO pada Juli 2022 lalu.

Mengutip media Malaysia, The Star, Fernandes mengundurkan diri dengan alasan komitmen lain. Namun, tak dijelaskan secara detail komitmen tersebut.

Dalam keterangan yang sama, AirAsia menyebutkan bahwa Mahmood Fawzy ditunjuk sebagai direktur non eksekutif independen Thai AirAsia X (Thai AAX).

AirAsia mengatakan, penunjukan Mahmood Fauzy akan segera efektif.

"Dia akan mengawasi arah strategis dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan untuk jarak menengah AAX dan AAX Thailand," tulis media tersebut.

Sementara itu, Fernandes mengatakan, telah menyelesaikan mandatnya untuk memulai kembali AirAsia X yaitu rencana pengadaan 20 pesawat untuk grup, 13 untuk AAX dan 7 untuk AAX Thailand.

"Kami telah memperbaiki struktur biaya, dan menciptakan bisnis kargo, yang telah berkontribusi sekitar 20 persen terhadap pendapatan maskapai selama pandemi dan akan terus memainkan peran penting dalam pemulihan AAX,” kata Fernandes.

“Saya yakin bahwa AAX akan kembali lebih kuat dengan memberikan perjalanan kelas menengah yang bernilai tinggi, dipimpin oleh tim kepemimpinan senior di Malaysia dan Thailand," ujarnya.

"Saya sekarang akan fokus untuk memberikan nilai yang signifikan kepada pemegang saham Capital A, termasuk AirAsia Aviation Group, layanan penerbangan, logistik, perjalanan, fintech, dan platform gaya hidup e-commerce,” ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tony Fernandes Mundur dari Posisi CEO Air Asia, Ada Apa? ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/11/02/083652326/tony-fernandes-mundur-dari-posisi-ceo-air-asia-ada-apa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm