Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin Hadiri Rakor DPC APDESI, Kamis (3/11/2022)
Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin Hadiri Rakor DPC APDESI, Kamis (3/11/2022) ( Ist/ Diskominfo Babel)

Hadiri Rakor DPC APDESI, Ini Pesan Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin

4 November 2022 08:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Bangka Barat, yang bertempat di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (3/11/2022).

"Bagi Kepala Desa (Kades) yang sudah selesai, saya mohon bantu dan bagikan pengalamannya kepada yang akan melanjutkan, dan bagi yang baru atau yang melanjutkan, selamat melanjutkan tugas. Semoga niat baik bapak/ibu untuk menjadi kepala desa dapat terlaksana dengan baik," pesan Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin juga menceritakan sedikit pengalaman masa kecilnya yang bersekolah di Muntok, dengan keluarga besar yang masih di Muntok. Hal tersebut menurutnya erat kaitannya dengan ikatan kekeluargaan masyarakat Kep. Bangka Belitung yang masih sangat kuat.

Sehingga, dalam membina desa sebagai unit terkecil pemerintahan dan juga unit kumpulan keluarga-keluarga yang dilakukan Kades, dalam menjalankan tugasnya, apapun yang terjadi, ia berpesan jangan lupa terhadap aspek kekeluargaan dan bertindak sebagai keluarga.

"Semangat kekeluargaan ini sangat menentukan. Tugas kita sama-sama terutama bapak/ibu adalah memberikan kesempatan terbaik kepada masyarakat kita khususnya anak-anak muda untuk menempuh pendidikan setinggi yang mereka mau," ujarnya.

Dikatakannya, pada saat dirinya berkumpul dengan para rektor perguruan tinggi se-Bangka Belitung siang tadi, diketahui angka partisipasi kuliah atau anak-anak yang berumur 19 tahun ke atas yang ikut kuliah di Universitas di Kep. Bangka Belitung ini, hanya 15,52 persen, dibandingkan dengan angka nasional 31 persen, dan merupakan yang terendah se-Indonesia.

Artinya, jika di Kep. Bangka Belitung ada 1 juta anak muda yang umurnya 19 tahun ke atas, maka berarti hanya 15.000 ribu orang saja yang kuliah di perguruan tinggi di Kep. Bangka Belitung, walaupun diketahui masih banyak yang kuliah di luar.

"Mengapa kita di Kep. Bangka Balitung ini secara nasional lebih rendah angka partisipasinya? Untuk itu, mohon bantuan bapak/ibu kita mendata, yang tujuannya untuk meningkatkan hal itu, jangan sampai terus menerus, sehingga kita kekurangan orang-orang baik dan pintar. Karena dalam membangun masyarakat, yang paling penting adalah sumber daya manusia," paparnya.

Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin juga meminta bantuan agar kepala desa mencari informasi atau akar permasalahan apa yang menyebabkan masyarakat Kep. Bangka Belitung tidak berminat untuk kuliah di perguruan tinggi.

"Nanti kita koordinasikan lagi. Jika sudah tahu penyebabnya, kita carikan solusinya. Misalnya, tidak punya uang kita akan carikan beasiswa. Misalnya lagi, tidak lulus tes, berarti kita harus bantu dengan membangun bimbingan tes. Atau, yang lainnya, kita carikan jalan keluarnya," jelasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm