Ilustrasi
Ilustrasi ( Sumber Gambar: Freepik.com )

Ampuh Atasi Overthinking, Coba dengan Metode 5-4-3-2-1 Ini

5 November 2022 19:33 WIB

SonoraBangka.id - Pada saat kita mengalami banyaknya pikiran atau istilah populernya overthinking pastilah tidak mengenakkan.

Apalagi kalau sampai overthinking yang kita alami memengaruhi juga aktivitas sehati-hari.

Duh, malah bikin panik dan cemas.

Lantas, gimana dong cara menghadapinya?

Menurut Adjie Santosoputro, Mindfulness Practitioner & Emotional Healer, alih-alih langsung beraksi menghindari, cobalah untuk mengamati keramaian pikiran yang kita alami.

“Melalui pendekatan mindfulness, kita berlatih untuk menyadari keramaian pikiran. Hanya sadari saja. Tidak perlu berusaha menghilangkan atau mengusir. Justru di pendekatan mindfulness, jika kita berusaha menghalau, malah semakin overthinking. Karena yang kita gunakan untuk menghalau overthinking adalah thinking juga,” jelas Adjie.

Cukup bayangkan Sahabat NOVA duduk mengamati di pinggir sungai.

Baik airnya kotor, bersih, atau arusnya sedang deras atau tidak, itu tidak akan memengaruhi Sahabat NOVA.

Nah, arus sungai ini melambangkan keramaian pikiran kita tadi.

Kita tidak perlu berkutat di dalamnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm