Ilustrasi lampu hazard(pixabay/tookapic)
Ilustrasi lampu hazard(pixabay/tookapic) ( KOMPAS.COM)

Ini Fungsi dari Lampu Hazard yang Sebenarnya

6 November 2022 19:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Lampu hazard atau lampu tanda bahaya pada mobil menjadi perlengkapan wajib. Pasalnya lampu ini cukup penting dalam perjalanan.

Lampu bahaya ini sangat gampang dikenali, karena tombolnya sendiri terpisah dengan saklar lampu lainnya. Ada simbol segitiga berwarna merah, hal itu membuat tombol lampu ini mudah terlihat.

Ketika tombol tersebut ditekan, maka kedua lampu sein akan menyala bersamaan sehingga mobil mengeluarkan sinyal yang melambangkan mobil tersebut tengah mengalami masalah.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan lampu hazard memiliki fungsi yang sangat penting sebagai informasi ke pengguna jalan lain bahwa mobil yang kita kendarai sedang mengalami masalah.

“Dengan menyalakan lampu hazard maka pengguna jalan lain bisa berupaya menghindari mobil kita yang sedang bermasalah, misal kondisinya mobil kita ada di bahu jalan atau masih dalam kondisi jalan sangat pelan,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (5/11/2022).

Dia mengatakan sayangnya banyak pengendara yang menyalahi aturan tersebut dengan menyalakan lampu hazard untuk konvoi, menerobos lampu merah, saat cuaca buruk dan lain sebagainya.

“Saat ini lampu hazard banyak dipakai pada kondisi yang lebih luas, walau itu melenceng dari fungsi mulanya, seperti dinyalakan saat iring-iringan, cuaca ekstrem dan lain sebagainya,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan lebih tepatnya lampu hazard digunakan saat mobil dalam kondisi darurat saja. Hal ini bertujuan agar kendaraan lain bisa mengambil ancang-ancang atau menghindari terjadinya kecelakaan.

Jadi, fungsi lampu hazard pada dasarnya cuma untuk dinyalakan ketika mobil dalam keadaan darurat atau memiliki masalah sebagai wujud informasi ke pengguna jalan lain untuk dapat mengantisipasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Fungsi Lampu Hazard yang Sebenarnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/06/164100715/ini-fungsi-lampu-hazard-yang-sebenarnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm