Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock )

Apa yang Harus Orangtua Lakukan Jika si Kecil Menelan Benda Asing?

13 November 2022 09:01 WIB

SonoraBangka.id - Sempat viral berita mengenai seorang bocah asal Indramayu Zul (8) yang tanpa sengaja menelan anak kunci gembok, hingga kunci itu bersarang di dalam perutnya.

Anak tersebut sampai panas dingin tubuhnya dan terpaksa harus menjalani operasi.

Ya, pada usia tertentu, anak-anak terutama balita sering memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Dan sangat mungkin benda ini kemudian tertelan tanpa sengaja.

“Terutama pada anak berusia di bawah 2 tahun, harus diawasi sekali pada saat mereka bermain benda-benda yang bahaya tertelan,” ujar Sindy Atmadja, M.Ked(Ped), SpA, dokter spesialis anak dari RS Melinda 2 Bandung.

Untuk itu, orangtua dianjurkan untuk selalu mengendalikan lingkungan anak dan selalu mengawasi anak-anak saat bermain.

Pastikan juga untuk memberikan mainan-mainan yang tidak berisiko tertelan oleh anak-anak yang berusia di bawah 2 bahkan 5 tahun.

Lantas, bila anak kita terlanjur menelan benda asing seperti yang terjadi pada Zul, apa yang harus dilakukan oleh kita sebagai orangtua?

1.Cari Tahu

Pertama, tentu jangan langsung panik, cari tahu kemungkinan benda asing apa yang tertelan oleh anak. Karena, tidak semua benda asing yang ditelan anak berbahaya.

Misalnya, anak tanpa sengaja menelan tisu atau puzzle kertas dalam jumlah yang sangat sedikit, kategorinya tidak terlalu berbahaya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm