Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memberikan sambutan peluncuran Bali Kompendium di Bali, Senin (14/11/2022).
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memberikan sambutan peluncuran Bali Kompendium di Bali, Senin (14/11/2022). ( Dokumentasi Kementerian Investasi)

Alasan Terbentuknya Bali Kompendium, Bahlil: Tidak Ingin Ada Negara Merasa Berhak Atur Negara Lain

14 November 2022 17:09 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah melalui Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan Bali Kompendium.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjelaskan, latar belakang penyusunan Bali Kompendium ini yaitu pentingnya sikap saling menghargai antar negara G20 dalam menentukan arah kebijakan investasi masing-masing negara berdasarkan keunggulan kompetitifnya.

Secara tegas, Bahlil menekankan, tidak boleh adanya negara-negara yang merasa lebih berhak dan mengatur negara lainnya. Karena menurutnya tidak relevan dengan perkembangan global saat ini.

"Enggak bisa Indonesia disamakan dengan Amerika atau negara Eropa lainnya. Kita merebut kemerdekaan dengan cara perjuangan. Kita punya adat ketimuran, kita punya budaya yang berbeda dengan mereka. Masa mereka harus samakan itu dengan pola investasi. Saya katakan tidak. Dasar itulah yang melatarbelakangi penyusunan Bali Kompendium," ucapnya secara virtual, Senin (14/11/2022).

Dia juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) yang telah menyusun Bali Kompendium ini bersama dengan Kementerian Investasi/BKPM. Bali Kompendium ini nantinya akan digunakan sebagai panduan oleh negara-negara G20.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Investasi juga meluncurkan Sustainable Investment Guidelines (SIG)/Panduan Investasi Lestari, yang menjadi komitmen Pemerintah Indonesia terhadap ekonomi hijau.

Penyusunan Panduan Investasi Lestari ini merupakan hasil kolabarasi Kementerian Investasi/BKPM dengan Koalisasi Ekonomi Membumi, Kadin, Apindo, perwakilan dari organisasi masyarakat, akademisi, investor, lembaga keuangan, dan pelaku UMKM.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal UNCTAD Rebeca Grynspan menuturkan, Kompendium Bali ini memuat berbagai pengalaman yang relevan terkait promosi investasi berkelanjutan dari seluruh negara G20 dan negara mitra lainnya serta menjadi dasar bagi para pembuat kebijakan dari berbagai negara anggota G20 untuk menyusun strategi promosi investasi serta mempromosikannya.

"Kompendium ini hadir di waktu yang tepat saat dunia berada dalam krisis, ketimpangan yang parah, dan ketidakstabilan yang kronis. Kompendium ini menawarkan solusi cerdas untuk tantangan investasi yang kita hadapi," tutur Grynspan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Terbentuknya Bali Kompendium, Bahlil: Tidak Ingin Ada Negara Merasa Berhak Atur Negara Lain", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/11/14/164236826/alasan-terbentuknya-bali-kompendium-bahlil-tidak-ingin-ada-negara-merasa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm