Wuling siapkan sentra pemeliharaan untuk 300 unit Wuling AIr ev yang berpartisipasi dalam gelaran KTT G20 di Bali.(Dok. Wuling)
Wuling siapkan sentra pemeliharaan untuk 300 unit Wuling AIr ev yang berpartisipasi dalam gelaran KTT G20 di Bali.(Dok. Wuling) ( KOMPAS.COM)

KTT G20 Jadi Wadah Untuk Promosi Kendaraan Listrik

15 November 2022 21:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Gelaran KTT G20 akan berlangsung di Bali selama 15-16 November 2022. Kegiatan ini dimanfaatkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan sebagai wadah untuk melakukan promosi sekaligus sosialisasi masif mengenai kendaraan listrik.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah melakukan touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari Jakarta sampai Bali sejak pekan lalu, Senin (7/11/2022).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro mengatakan, tren perkembangan kendaraan listrik di Indonesia setiap tahunnya meningkat, dan mengapresiasi banyak produk-produk lokal yang sudah memproduksi kendaraan listrik.

“Charging dari produk lokal juga sudah banyak, karena itu kita mendorong terus termasuk konversi motor (berbahan bakar fosil ke listrik). Saat ini bahkan sedang dirumuskan juga insentif kendaraan listrik sehingga harganya akan turun dan ekosistem kendaraan listrik segera terbangun,” kata Hendro dikutip dari laman hubdat.dephub.go.id, Selasa (15/11/2022).

Menurut hendro, kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan terlebih mengingat kendaraan berbahan bakar fosil bergantung pada ketersediaan bahan bakar yang tidak dapat didaur ulang dan terbatas jumlahnya.

“Memang perubahan apapun pasti akan ada resistensi, itu soal yang biasa. Tapi suatu saat pasti akan lebih tertata. Mau tidak mau maka kita harus mempersiapkan diri untuk menggunakan kendaraan listrik,” kata Hendro.

Pada keterangan yang sama, Direktur Sarana Transportasi Jalan Danto Restyawan mengatakan bila melalui kegiatan touring KBLBB Jakarta – Bali menjadi bukti bahwa kendaraan listrik dapat digunakan untuk perjalanan jauh.

“Hal tersebut membuktikan bahwa kendaraan listrik juga andal, nyaman, aman dan hemat. Masih banyak tantangan yang kita hadapi dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, baik dari sisi produksi kendaraan listrik, komponen, penyebaran SPKLU dan juga perubahan mindset masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik,” kata Danto.

Tidak cuma melalui touring KBLBB, Danto menyebutkan bahwa Ditjen Hubdat juga turut memeriahkan penyelenggaraan KTT G20 dengan dukungan shuttle bus listrik dan juga pameran kendaraan listrik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KTT G20 Jadi Wadah Promosi Kendaraan Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/15/104200515/ktt-g20-jadi-wadah-promosi-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm