Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik(-)
Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik(-) ( KOMPAS.COM)

Apa Perbedaan Tuas Transmisi Matik Zig-zag dan Lurus?

15 November 2022 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Model tuas transmisi mobil matik umumnya ada dua. Pertama model lurus atau straight, dan satunya lagi gate atau model zig-zag.

Secara fungsi, sama-sama untuk memindahkan tuas transmisi. Hanya saja, operasional kedua model tersebut berbeda, hal itu karena pertimbangan keamanan berkendara. 

"Untuk model transmisi straight biasanya dilengkapi tombol pengunci transmisi saat harus memindahkan posisi gigi, terutama dari P ke R. Tombol ditekan untuk membuka pengunci di dalam transmisi agar bisa bergerak bebas," ucap Hermas kepada Kompas.com, Selasa (15/11/2022). 

Model transmisi straight dilengkapi tombol pengunci untuk mencegah bahaya posisi gigi berpindah karena ketidaksengajaan.

"Pada model transmisi lurus atau straight ada kemungkinan posisi tuas tergeser karena tersenggol kaki, beda halnya model zig-zag yang lebih aman," kata dia. 

Walau begitu, operasional keseluruhan keduanya sama saja, yakni sebelum memindahkan posisi gigi transmisi harus diawali menginjak pedal rem. 

"Saat awal hendak jalan, perpindahan posisi gigi transmisi sama-sama membutuhkan injakan pedal rem baru tuas bisa digeser," kata dia. 

Hermas menjelaskan, khusus transmisi model straight untuk memindahkan posisi gigi, setelah rem diinjak, kemudian tombol kecil di ujung tuas ditekan sambil mengoper dari P ke D. 

"Double safety, harus pencet tombolnya baru tuas transmisi bisa digeser," kata dia.

Sementara itu, untuk model zig-zag, pola perpindahan gigi dilakukan dengan menggeser tuas mengikuti alur papan transmisi.

"Kan di papan transmisi tertulis angka posisi gigi, tinggal ikuti saja diurutkan satu per satu," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Tuas Transmisi Matik Zig-zag dan Lurus?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/15/143100115/apa-bedanya-tuas-transmisi-matik-zig-zag-dan-lurus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm