Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Sesi Kedua KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Sesi Kedua KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022). ( YouTube Sekretariat Presiden)

Jokowi: Pemindahan Ibukota Akan Buka peluang Investasi 20,8 Miliar Dollar AS

16 November 2022 10:22 WIB

SonoraBangka.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membanggakan pemindahan ibukota Indonesia dari Jakarta ke, Kalimantan Timur di depan negara anggota G20.

Pasalnya, Jokowi bilang, pemindahan ibukota negara ini dapat membuka peluang investasi di sektor infrastruktur senilai 20,8 miliar dollar AS atau setara Rp 323 triliun.

"Indonesia tengah mendorong pemerataan pembangunan melalui pemindahan ibukota ke Nusantara, ini akan membuka peluang investasi sebesar 20,8 miliar dollar AS di berbagai sektor infrastruktur," ujarnya saat acara Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Hal tersebut sebagai contoh bahwa pembangunan infrastruktur di negara berkembang dan miskin dapat membuat negara tersebut lebih tangguh dalam menghadapi tantangan global di masa mendatang.

Namun, dia bilang, pembangunan infrastruktur di negara berkembang memiliki tantangan tersendiri di tengah krisis multidimensional global, seperti melalui penyusutan ruang fiskal.

Oleh karenanya, Indonesia selaku Presidensi G20 kali ini berupaya mendukung penguatan pembangunan infrastruktur di negara-negara berkembang. Salah satunya melalui dukungan pembangunan infrastruktur.

"Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di PGII dalam mendukung pembangunan infrastruktur di negara berkembang," kata dia.

Dia melanjutkan, dukungan ini harusnya disesuaikan oleh kebutuhan riil negara berkembang yang menjadi tujuan pembangunan. Untuk itu, konsultasi dan dialog dengan negara penerima harus menjadi pedoman utama.

Selain itu, pembangunan infrastruktur di negara berkembang perlu memberdayakan masyarakat dan ekonomi setempat agar memiliki rasa kepemilikan yang tinggi disertai dukungan bagi negara berkembang untuk membangun kapasitas dan kemampuan mandiri.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Pemindahan Ibukota Akan Buka peluang Investasi 20,8 Miliar Dollar AS", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/11/15/204000726/jokowi--pemindahan-ibukota-akan-buka-peluang-investasi-20-8-miliar-dollar-as.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm