Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan Agus Pranawa, Senin (21/11/2022) (Bangkapos.com/Adi Saputra)
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan Agus Pranawa, Senin (21/11/2022) (Bangkapos.com/Adi Saputra) ( )

Bangka Selatan Zona Hijau Penyakit Malaria, DKPPKB Pastikan Tak Ada Kasus

21 November 2022 15:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Pihak Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan (Basel) beberapa tahun terakhir ini belum menemukan pasien yang menderita penyakit malaria.

Seperti dikatakan Plt Kepala DKPPKB Basel, Agus Pranawa, Senin (21/11/2022).  "Basel sebagai zona hijau atau eliminasi dari kasus malaria, dari hasil laporan seluruh falisitas kesehatan yang ada di Basel," ujar Agus Pranawa, Senin (21/11/2022).

"Ya mudah-mudahan kedepan nanti tidak ada masyarakat kita, yang terjangkit penyakit malaria,"ujarnya.

Agus juga mengatakan pihak terus berupaya memberikan sosialisasi dan pengawasan kepada masyarakat, untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit.

"Tetap kita berikan pengertian kepada masyarakat begitu pentingnya kesehatan, kami melalui pukesmas setiap daerah memberikan edukasi kesehatan agar masyarakat hidup sehat," ucap Agus.

Selain itu DKPPKB Basel bukan hanya melakukan pencegahan terhadap penyakit malaria saja, namun semua penyakit menjadi tanggung jawab bersama.

"Ya mungkin malaria sekarang di Basel sedang tidak ditemukan, tapi kan jenis-jenis penyakit lain masih ada. Jadi itu adalah tanggung jawab kita bersama, jangan sampai masyarakat terjangkit penyakit tersebut," katanya.

Sehingga untuk mencegah penyakit tersebut butuhnya kerjasama semua pihak, agar masyarakat tidak mudah terkena penyakit.

"Kami pemerintah daerah terus melakukan pencegahan dengan berbagai program, maka kami butuh dukungan semua pihak terutama adanya kerjasama untuk menanggulanginya," tambah Agus.

Pada akhirnya ia meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan, menerapkan pola hidup sehat, di rumah masing-masing karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

"Ayo kita belajar hidup sehat terutama tetap menjaga kebersihan lingkungan, tempat-tempat yang ada air itu dilihat apabila ada jentik-jentik nyamuk. Karena lebih baik kita mencegah, daripada kita mengobati,"lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kabupaten Bangka Selatan Zona Hijau Penyakit Malaria, DKPPKB Pastikan Kasus Nihil, https://bangka.tribunnews.com/2022/11/21/kabupaten-bangka-selatan-zona-hijau-penyakit-malaria-dkppkb-pastikan-kasus-nihil.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm