Ilustrasi trauma
Ilustrasi trauma ( Sumber: apa.org)

Ingat! Jika Punya Trauma, Jangan Jadi Pembenaran Akan 3 Hal Ini

22 November 2022 11:28 WIB

SonoraBangka.id - Bukan luka fisik, trauma kadang menyangkut luka emosional yang kerap melekat pada diri seseorang dan butuh waktu sangat lama untuk pulih.

Seperti diketahui bahwa, trauma adalah sesuatu yang enggak bisa hilang dengan mudah.

Trauma seringkali berpengaruh terhadap perilaku dan cara kita menjalani hidup sehari-hari.

Tapi jangan sampai kita berpikir kalau segala hal yang kita lakukan harus dimaklumi sebagai bagian dari trauma yang wajar terjadi, ya.

Tetap saja, ada hal-hal yang enggak boleh ditolerir meski berangkat dari trauma.

Hal apa saja sih, yang jangan sampai divalidasi dengan dalih 'trauma'?

Lari dari Tanggung Jawab

Mungkin trauma bikin kita takut akan berbagai hal, seperti kegagalan atau kecemasan memikirkan tanggung jawab di hadapan mata.

Tapi bukan berarti kita boleh seenaknya lari dari tanggung jawab dengan dalih trauma terus-menerus, lho.

Jadi kita tetap memegang kendali untuk mengembalikan kekuatan kita atas situasi yang sedang terjadi dan melanjutkan hidup yang lebih baik.

Kita memang belum tentu bersalah atas hal yang menimbulkan trauma tersebut, karena trauma kerap terjadi di luar kuasa kita, tapi kita juga harus ingat akan tanggung jawab yang kita miliki terlepas dari trauma tersebut.

Sumbercewekbanget.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm