Tes diabetes di rumah
Tes diabetes di rumah ( Kompas.com)

Tips Dokter Tentang Cara Mencegah dan Menunda Komplikasi Diabetes

26 November 2022 16:36 WIB

SonoraBangka.idDiabetes adalah penyakit yang terjadi ketika glukosa atau kadar gula dalam darah terlalu tinggi.

Sementara itu komplikasi diabetes adalah kondisi di mana bagian-bagian tubuh kita menjadi rusak, seperti pada kaki dan mata akibat memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Di tahun 2021, International Federation Diabetes (IDF) mencatat bahwa Indonesia termasuk ke dalam kategori 5 negara teratas untuk penderita diabetes dengan rentang umur 20-79 tahun sebanyak 19,5 juta orang.

Adapun jumlah tersebut meningkat dari tahun 2011 yaitu 7,3 juta orang.

Berkaca dari data ini, orang dengan diabetes perlu melakukan pemeriksaan secara rutin dan manajemen gaya hidup yang efektif, serta pengobatan jika diperlukan.

Secara umum, komplikasi diabetes terbagi menjadi dua tipe yaitu komplikasi kronis dan komplikasi akut.

Komplikasi Kronis

Komplikasi kronis merupakan suatu masalah jangka panjang dan dapat berkembang secara bertahap.

Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan serius, jika penanganan serta pengobatannya tidak segera dilakukan.

Contohnya, terjadi kerusakan pada bagian tubuh seperti masalah penglihatan atau retinopati, kaki, serangan jantung atau stroke, gangguan ginjal atau nefropati, kerusakan saraf atau neoropati, infeksi gusi dan mulut, kanker, serta permasalahan seksual seperti infeksi saluran kemih dan disfungsi ereksi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm