Rematching disc brake bentuk perawatan rem untuk menyeimbangkan kembali permukaan disc brake yang habis tidak rata(Dicky Aditya Wijaya)
Rematching disc brake bentuk perawatan rem untuk menyeimbangkan kembali permukaan disc brake yang habis tidak rata(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Manfaat Melakukan Rematching Disc Brake untuk Hindari Rem Terkunci

26 November 2022 18:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rem mobil jadi alat utama keselamatan. Komponen tersebut harus diperhatikan supaya tak membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya.

Penyakit rem mobil yang dibiarkan bisa berdampak serius. Masalahnya cukup banyak, tapi  yang umum karena piringan disc brake terkikis di beberapa sisi. 

Permukaan disc brake yang habis tidak rata bukanlah sesuatu yang asing. Gesekan kampas rem yang terjadi sangat cepat menyebabkan struktur rem berubah. 

Untuk perbaikan, caranya adalah melakukan rematching disc brake atau meratakan kembali permukaan piringan cakram. Fungsinya sudah tentu untuk kembali menyeimbangkan sistem pengereman agar seimbang.    

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, kasus kerusakan rem bergelombang bisa terjadi untuk mobil-mobil yang berusia 5 tahun ke atas.

"Masalahnya bisa serius, rem tak hanya bergetar saat kecepatan tinggi. Jika sudah parah, setir mobil jadi tertarik lari melaju ke salah satu sisi," kata Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022). 

Kondisi setir yang lari ke salah satu sisi tersebut menandakan bobot tumpuan beban mobil berpindah karena tidak seimbang. 

Sistem rem jadi tidak stabil, kurang menggigit, dan jarak aman pengereman mobil juga menjadi berubah semakin jauh. 

"Berbahaya, jarak rem dari posisi melaju jadi berkurang. Pedal rem bergetar hebat dan kuat, bahkan mobil bisa mengalami oversteer," ucapnya. 

Harus cepat-cepat diatasi karena bisa memicu komponen rem lainnya rusak. Perbaikan rem tersebut dilakukan proses rematching disc brake.

Permukaan disc brake yang terkikis tidak rata akan dihaluskan kembali. Bambang menjelaskan, karat-karat dan kotoran yang menempel bertahun-tahun menganggu akurasi komponen rem. 

"Selain permukaan di bubut agar kembali presisi, karat yang tercipta alamiah di permukaan disc brake bisa bersih. Ketebalan disc brake yang aman untuk proses rematching adalah 5 mm," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Rematching Disc Brake untuk Hindari Rem Terkunci ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/26/112200715/manfaat-rematching-disc-brake-untuk-hindari-rem-terkunci-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm