Ilustrasi mencuci mobil di rumah(-)
Ilustrasi mencuci mobil di rumah(-) ( KOMPAS.COM)

Manfaat Rutin Mencuci Mobil pada Musim Hujan

2 Desember 2022 22:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Datangnya Musim hujan saat ini terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bagi pemilik mobil, wajib untuk meningkatkan perwatannya. 

Air hujan mengandung zat asam yang tinggi dan berbahaya bagi komponen-komponen berbahan dasar logam.

Sebelum terlambat, perawatan ringan dan sifatnya bisa dilakukan sendiri, seperti cuci mobil bisa dilakukan lebih sering untuk menghindari korosi. 

Tak cuma itu, beberapa komponen utama kendaraan terutama di bagian kolong secara berkala juga membutuhkan perhatian khusus.

Pelumasan komponen gerak seperti kopel hingga beberapa komponen steering mencegah kerusakan serius.

"Sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah, pemilik mobil bisa mencuci kendaraan lebih sering. Setelah digunakan, bisa dibersihkan menghindari air hujan yang memicu korosi," ucap Bejo Agung Nugroho Instruktur Nasmoco Training Center kepada Kompas.com, Jumat (2/12/2022). 

Cat, bodi, dan komponen logam lainnya kalau dibiarkan begitu saja tak dirawat potensi kerusakan seperti keropos dan berjamur jadi meningkat. 

Khusus bodi, lapisan terluar mobil modern memang telah dilengkapi proteksi yang tahan segala perubahan cuaca. Namun demikian, dengan adanya perawatan dari pemilik bisa lebih maksimal.  

"Detail masalah-masalah dikuasai sendiri oleh pemilik. Tinggal nantinya perawatan berkala rutin yang diserahkan kepada bengkel resmi. Termasuk, medan jalan yang dilalui sehari-hari seperti apa juga menentukan perlakuan khusus di luar SOP yang tertulis di buku pedoman pemilik," kata dia. 

Perawatan sederhana yang benar dari pemilik, ke depannya akan dirasakan langsung, salah satunya adalah kendaraan operasional yang sehat, hal itu tentunya memudahkan mobilisasi sesuai kebutuhan.

"Rasa nyaman, dan percaya diri meningkat saat mobil digunakan beraktivitas. Poin-poin perawatan sederhana manfaatnya beragam, dan hasilnya kembali sesuai apa yang diinginkan pemilik," tutur Bejo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Rutin Mencuci Mobil di Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/02/143100915/manfaat-rutin-mencuci-mobil-di-musim-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm