Fog lamp pada kendaraan(Setyo Adi/Otomania)
Fog lamp pada kendaraan(Setyo Adi/Otomania) ( KOMPAS.COM)

Jangan Salah Digunakan, Berikut Fungsi dan Peran Fog Lamp

3 Desember 2022 22:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Lampu kabut atau fog lamp jadi fitur keselamatan yang menentukan tingkat pencahayaan berkendara untuk mendukung visibilitas.

Sepintas mirip headlamp, tapi penggunaanya fog lamp biasanya dilakukan dalam kondisi tertentu, seperti saat melewati jalan berkabut atau hujan deras.

Terlebih sesuai regulasi negara-negara tropis seperti Indonesia dan beberapa negara di Asia lainnya. Lampu kabut standar pabrikan di desain dengan jangkauan sorot yang jauh dan tembus segala macam cuaca

Hal itu menyesuaikan minimnya visibilitas mengemudi. Tapi sayangnya, banyak orang yang menilai fog lamp sekedar hiasan. 

Lantas seperti apa manfaatnya?

Instruktur Training Center Nasmoco Bejo Agung Nugroho menjelaskan, penggunaan dan rancangan desain fog lamp diatur sesuai peraturan perundang-undangan. 

"Warna dasarnya putih atau kuning, cahaya lampu di desain terlihat dan dijadikan isyarat khusus untuk kendaraan dari arah berlawanan. Dari sektor pengemudi, fog lamp dirancang mampu menjangkau seluruh area bahaya, yakni visibilitas ke arah depan, terutama bawah saat cuaca berkabut," kata Bejo dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/12/2022). 

Sorot lampu tersebut di arahkan ke bawah untuk menghindari cahaya yang dianggap menyilaukan mata pengemudi dari arah berlawanan. Aturan penggunaan yang sesuai kondisi cuaca juga sering di sepelekan. 

Beberapa kasus malah seperti jadi fenomena umum, banyak pengemudi yang salah menggunakan fog lamp. Hal itu mungkin karena secara fungsi yang dianggap seperti lampu senja. 

Oleh karena itu, produsen mobil era modern saat ini merubah total dan melengkapi fitur otomatis pada lampu utama, fog lamp, dan DRL.

Hal itu pun dinilai Bejo sangat solutif mencegah kesalahan-kesalahan pengoperasian fitur yang merugikan pengguna jalan lainnya. 

"Daripada berlarut-larut dan merugikan banyak pihak, fitur otomatis juga memudahkan pengendara dan keuntungannya dirasakan pengguna jalan yang lain. Studi kasus yang digunakan yaitu belajar dari fenomena fog lamp yang dijadikan sebagai lampu utama," tuturnya. 

Tuntutan kebutuhan zaman juga mewajibkan mobil-mobil baru juga dilengkapi fog lamp belakang. Hal itu juga dilakukan mempertimbangkan aspek keselamatan berkendara, di mana cuaca buruk berpeluang besar membahayakan. 

"Warning sistem ada di beberapa spot, bagian belakang sangat penting dan diharapkan mengurangi potensi bahaya. Jadi, saat cuaca buruk dan visibilitas benar-benar minim seperti jadi peringatan otomatis pengendara dibelakang untuk waspada," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Salah Digunakan, Ini Fungsi dan Peran Fog Lamp ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/03/130200415/jangan-salah-digunakan-ini-fungsi-dan-peran-fog-lamp-?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm