Sokbreker upside down milik Yamaha R15M(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Sokbreker upside down milik Yamaha R15M(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Cegah Shockbreaker Motor Sport Rusak di Musim Hujan

5 Desember 2022 23:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Perawatan sepeda motor sport tentu berbeda dengan tipe motor lainnya, biasanya cenderung sedikit sulit karena komponenya lebih kompleks. 

Selain itu, desain motor sport yang terbuka juga lebih gampang kotor dari cipratan air hujan dan lumpur. 

Karena itu, saat musim hujan seperti saat ini beberapa syarat wajib benar-benar diperhatikan untuk mencegah kerusakan serius. 

Kalau kotoran yang menempel di bodi dan celah-celah antar komponen sifatnya bisa menggangu kinerja bahkan merusak.    

Salah satunya adalah shockbreaker, karena banyak kasus terdapat kebocoran oli imbas pasir yang menempel dan tergerus suspensi yang mengayun. 

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, motor sport seusai digunakan berkendara bisa langsung dibersihkan. 

"Kotoran dan lumpur segera dibersihkan. Selain risiko karat, komponen utama motor sport juga bisa rusak. Khusus motor sport yang menggunakan model suspensi teleskopik dan upside down, shockbreaker depan rawan bocor jika tergerus partikel asing seperti kotoran dan lumpur," kata Nurhadi kepada Kompas.com, Minggu (4/12/2022).

Pada proses pembersihan komponen tersebut, sampai celah sempit juga dipastikan benar-benar bersih. Menurut Nurhadi, pasir atau debu halus biasanya tertinggal dan menempel di dekat sil shockbreaker. 

Lebih maksimal lagi jika turut memperhatikan detail as shockbreaker, Nurhadi menyarankan, hal itu membutuhkan ketelitian berlebih, sebab bekas goresan lembut kalau belum ditemukan gejala-gejala tertentu biasanya belum terdeteksi. 

"Benar-benar dilihat secar detail, kondisi fisik seringnya terlewat, banyak yang terkecoh seolah aman padahal tergores cukup dalam. Baru ketahuan begitu sil shockbreaker terlanjur bocor," ucapnya. 

Posisi shockbreaker yang dekat kolong roda dan spatbor juga berdampak kotoran jadi mudah menumpuk. Karena banyaknya kotoran, pembersihan total bisa menggunakan shampoo khsusus sepeda motor.

Hal itu memudahkan kotoran bersih secara maksimal. Selain itu juga untuk menghindari komponen shockbreaker tergores. 

"Pembersihan total bisa dengan shampoo dan menggunakan spoon khusus cuci motor. Butiran pasir dan kotoran halus berisiko menggores as shockbreaker, bisa juga menyiapkan air satu ember untuk membilas," ucap Nurhadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Shockbreaker Motor Sport Rusak di Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/05/153100115/cegah-shockbreaker-motor-sport-rusak-di-musim-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm