Rem Tromol Mobil(Kompas.com)
Rem Tromol Mobil(Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Perawatan Rem Tromol Mobil, Bisakah Dilakukan Sendiri?

6 Desember 2022 20:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Rem tromol sebenarnya merupakan teknologi lawas. Tapi sampai saat ini masih tetap digunakan pada beberapa mobil keluaran baru. 

Model tersebut sistem operasi seluruhnya konvensional, alias berbeda dengan yang menggunakan piringan cakram. 

Kerja rem tromol menekan dua kampas untuk menciptakan gaya gesek pada dinding atau drum mangkuk tromol. Beda dengan disc brake yang menggunakan kaliper rem dan memanfaatkan tekanan minyak rem. 

Perawatan rem tromol juga terbilang cukup gampang. Setelan rem juga bisa diatur, dari tingkat akurasi sampai dengan ketinggian rem. 

"Rem tromol bisa disetel, terutama untuk mengatur jarak main rem dan ketinggian rem tangan. Penyetelan dapat dilakukan menggunakan parking brake laver," kata Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto kepada Kompas.com, Senin (4/12/2022).

Beberapa kasus kerusakan rem tromol yang sering terjadi adalah ditemukan adanya rembesan minyak rem di bagian dekat roda.

Bambang mengatakan, kebocoran minyak rem sangat berbahaya, karena volume yang berkurang signifikan menyebabkan respon rem jadi payah. 

Hal itu terlihat dari tetesan yang mengotori pelek. Penanganan masalah tersebut sifatnya harus segera dan benar-benar darurat. 

"Minyak rem berkurang sedikit saja tekanan piston kaliper jadi berkurang. Pengereman jadi tak maksimal. Injakan pedal rem seperti terasa dalam," tambah Bambang. 

Setelan rem tangan yang sering blong bisa dijadikan bahan menganalisa kampas rem yang habis. Langsung dapat dilihat dari posisi ketinggian tuas handrem. Menurut Bambang, yang dijadikan perhitungan adalah jumlah alur penguncian sampai berapa kali.

"Bunyi klik yang terdengar sembilan kali atau lebih menandakan kampas telah menipis. Hal itu menyebabkan mobil rawan bergerak meski tuas handrem telau ditarik," ucapnya. 

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, perawatan rem tromol sesuai prosedur penanganan servis menyangkut setelan rem, keadaan kampas rem, dan membersihkan karat sampai bagian celah-celah di dalam. 

"Karat yang timbul bisa menyebabkan panas berlebihan. Tekanan kampas rem jadi terlalu besar, rem seperti terkunci. Masalah ini justru sering kecolongan, bahkan sampai muncul bau hangus terbakar," tutup Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perawatan Rem Tromol Mobil, Apakah Bisa Dilakukan Sendiri? ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/06/133100815/perawatan-rem-tromol-mobil-apakah-bisa-dilakukan-sendiri-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm