Ilustrasi
Ilustrasi ( Pixabay.com )

Apakah Potensi Masalah Jika Punya Pasangan Lebih Muda alias Berondong?

7 Desember 2022 20:53 WIB

SonoraBangka.id - Aktris Wulan Guritno pernah menghebohkan publik melalui akun Instagram-nya yang membagikan momen bahagia dengan kekasihnya Sabda Ahessa, saat menonton sebuah konser.

Seperti diketahui, Sabda berusia usia 14 tahun lebih muda dari Wulan atau yang sering orang sebut berondong.

Ada yang memberikan pujian hingga medoakan kebahagiannya, tapi enggak sedikit juga yang mencibir dan mempermasalahkan umur keduanya.

Kadang-kadang memang jadi tidak mudah menjalin hubungan dengan pasangan yang lebih muda, di tengah masyarakat yang secara norma masih beranggapan laki-lakilah yang sepantasnya lebih tua dalam berpasangan.

Padahal dari kacamata psikolog, Pamela Anggia Dewi, S.Psi., M.Psi., Psikolog, tidak
ada patokan khusus berapa jarak ideal usia pasangan satu sama lain.

“Perbedaan usia bukanlah masalah, selama masing-masing dapat memenuhi ekspektasi satu sama lain. Misal sukanya sosok laki-laki yang lemah lembut penyayang, kalau sepanjang Anda bisa menemukan bahwa pasangan bisa memenuhi ekspektasi itu dan sebaliknya pasangan juga menemukan hal yang ia sukai dalam diri Anda, kenapa enggak?” ujar Pamela kepada NOVA.

Kendati begitu, ada halhal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan generation gap atau perbedaan generasi.

Jika kesenjangan ini tidak dipersiapkan dengan matang, bukan tidak mungkin berpotensi jadi konflik, yang pada akhirnya membuat hubungan kandas.

1. Lingkar pertemanan

Sebaiknya, Anda maupun pasangan bisa diterima oleh teman dekat masing-masing.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm