Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di rumah Erina Gudono untuk acara midodareni, Jumat (9/12/2022).(Kompas.com/Hasil tangkapan layar)
Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di rumah Erina Gudono untuk acara midodareni, Jumat (9/12/2022).(Kompas.com/Hasil tangkapan layar) ( )

Acara Midodareni Kaesang-Erina, Ini Maknanya

9 Desember 2022 20:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Rombongan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasuki kediaman Erina Gudono untuk mengikuti upacara adat midodareni. Tampak para rombongan terdiri antara lain Presiden Joko Widodo, Iriana Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Kedatangan keluarga Joko Widodo disambut oleh keluarga Erina Gudono. Keluarga Erina Gudono yang menyambut yaitu  Ibunda Erina yakni Sofiatun Gudono dan Allen Adam Rinaldy Gudono. Kedua keluarga mengenakan baju adat jawa berwarna putih.

Sebagai perwakilan keluarga Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming Raka yang menyampaikan maksud kedatangan kepada keluarga Erina Gudono. Sedangkan perwakilan keluarga Erina Gudono yaitu Abdul Muhaimin.

Diberitakan sebelumnya Kaesang Pangarep bakal  menghadiri acara midodareni di kediaman calon istri Erina Gudono di Purwosari RT 003 RW 059, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman. Kaesang hadir untuk menjalani upacara Nyantrik.

Owner Wedding Organizer Pengantin Production Wigung Wratsangka menyebutkan midodareni itu dari kata widodari.

"Artinya cantik lahir batin. Doanya mudah-mudahan mempelai putri mempunyai kecantikan lahir batin. Kalau dulu dimaknai turunya bidadari dan sebagainya, nampaknya arti seperti itu sulit diterima untuk anak-anak sekarang,"kata Owner Wedding Organizer Pengantin Production Wigung Wratsangka usai memimpin gladi di kediaman Erina Gudono, Rabu (7/12/2022).

Wigung Wratsangka mengatakan di dalam paugeran atau aturan kuno calon mempelai putra datang tanpa orangtuanya. Sekarang dalam perkembanganya sudah lazim, calon mempelai putra dihadirkan bersama orang tuanya.

Karenanya diagendakan calon mempelai putra yakni Kaesang Pangarep bakal hadir bersama kedua orang tuanya serta keluarga besarnya.

"Mengantarkan ke kediaman ini menjalani upacara yang namanya Nyantri atau Nyantrik. Nyantri dari kata santri, Nyantrik dari kata cantrik yaitu orang yang sedang berguru, mencari ilmu agama dan ilmu untuk menjadi imam bagi keluarga," ucapnya.

Di upacara ini calon mempelai putra akan disuguhi air yang disebut Tirto Wening. Tirto adalah air yang melambangkan ilmu pengetahuan. Selain itu air juga lambang kehidupan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Acara Midodareni Kaesang-Erina Dimulai, Ini Maknanya", Klik untuk baca: https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/09/193432578/acara-midodareni-kaesang-erina-dimulai-ini-maknanya.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm