Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir(Dicky Aditya Wijaya)
Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Belajar Parkir Mundur, Wajib Ketahui Titik Referensinya

12 Desember 2022 21:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Memarkirkan mobil sudah menjadi hal wajib yang harus dikuasai pengendara.

Ada beberapa teknik, yakni parkir posisi mundur atau seri, maju, dan yang dianggap level kesulitannya tertinggi adalah parkir paralel. 

Namun demikian, sebagian orang beranggapan parkir posisi mundur lebih sulit, apalagi untuk yang baru belajar mengemudi atau pemula. 

Walau demikian, ternyata parkir mundur bisa jadi gampang kalau mengetahui beberapa patokan tertentu, hal itu mengurangi risiko kecelakaan di tempat parkir. 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, materi mengemudi mundur mengenal istilah reference point atau titik referensi. Dengan kata lain, pengemudi mobil benar-benar diwajibkan menguasai ketiga spion.

"Blindspot di semua bagian kendaraan, tiga buah spion diperhatikan satu-persatu, bersamaan mengarahkan kemudi mobil bergerak sesuai batas aman. Fitur bawaan seperti sensor dan kamera juga memudahkan mengawasi potensi bahaya. Jika dirasa belum aman, bisa turun dari mobil untuk melihat kondisi lingkungan," tutur Sony kepada Kompas.com, Minggu (11/12/2022). 

Saat mengambil haluan posisi yang dianggap aman, Sony menyarankan, pengemudi bisa membuka kaca dan melihat langsung objek yang dinilai berpotensi membahayakan. 

Banyak sekali kecelakaan di tempat parkir karena objek berbahaya yang ketinggiannya seukuran bagasi mobil. Oleh karena itu, Sony menyebut, kecepatan mobil saat bergerak benar-benar harus diperhatikan. 

"Kadang-kadang di basement ada benda yang tak terdeteksi sensor mundur. Tiba-tiba begitu saja terdengar bunyi mobil menabrak sesuatu. Antisipasi kasus semacam itu, bisa dilakukan dengan mengatur kecepatan mobil, bisa beberapa kali mengkoreksi posisi kendaraan," kata dia.

Terlebih khusus pengguna mobil transmisi matik, ritme injakan pedal gas harus dijaga sebaik mungkin. 

"Salah injak pedal gas bisa sangat serius, mobil bisa meluncur ke lantai bawah basement atau menabrak kendaraan lainnya," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belajar Parkir Mundur, Wajib Kenali Titik Referensinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/12/113100815/belajar-parkir-mundur-wajib-kenali-titik-referensinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm