Ilustrasi MIUI 14
Ilustrasi MIUI 14 ( KOMPAS.com)

Xiaomi MIUI 14 Resmi Meluncur, 6 Fitur Baru Hadir

14 Desember 2022 07:47 WIB

SonoraBangka.ID - Xiaomi akhirnya meluncurkan antarmuka (user interface/UI) terbarunya, MIUI 14, bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 13 Series pada Minggu (11/12/2022) di China.

MIUI 14 dibuat berbasis sistem operasi Android 13 dan hadir dengan sejumlah perubahan visual dibanding MIUI 13.

Selain tampilannya dipoles ulang, MIUI 14 juga membawa berbagai fitur baru serta peningkatan pada aspek integrasi lintas perangkat.

Meski memiliki berbagai peningkatan, ukuran firmware MIUI 14 diklaim lebih ringan dibanding MIUI 13. Size dari MIUI 14 ini adalah sebesar 13,09 GB.

Selain ukurannya yang lebih kecil, MIUI 14 juga hadir dengan pembaruan desain. MIUI 14 membawa tampilan ikon yang lebih besar, namun, ukurannya bisa disesuaikan oleh pengguna.

MIUI 14 juga membawa format widget baru serta folder di layar utama/home screen yang ditingkatkan, sehingga pengguna mendapat lebih banyak opsi penyesuaian.

Fitur MIUI 14 juga dilengkapi widget hewan peliharaan atau tanaman. Fitur ini mirip seperti permainan hewan peliharaan yang ditawarkan oleh Pixel Pals untuk iOS yang memungkinkan pengguna memelihara dan bermain dengan hewan virtual melalui layar Dynamic Island.

Nah, pada ponsel Xiaomi yang berjalan dengan MIUI 14 nanti, hewan atau tanaman virtual peliharaan pengguna akan tampil pada layar utama. Dari situ, pengguna bisa berinteraksi dengan peliharaannya itu atau memainkannya.

Secara teknis MIUI 14 juga dirancang agar bisa menunjang aplikasi yang ringan. Hal ini memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang lebih mulus dan lebih hemat daya.

Selain itu, Xiaomi juga memangkas kapasitas sistem yang biasanya mengonsumsi banyak memori. Selain dari kapasitasnya yang dipangkas, tingkat kelancaran aplikasi sistem di MIUI 14 juga diklaim sudah ditingkatkan hingga 60 persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm