UBB Kembali Raih Penghargaan Menjadi Perguruan Tinggi Informatif 2022
UBB Kembali Raih Penghargaan Menjadi Perguruan Tinggi Informatif 2022 ( humas ubb)

UBB Kembali Raih Penghargaan Menjadi Perguruan Tinggi Informatif 2022

14 Desember 2022 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali mendapatkan kabar gembira, karena di tahun 2022 ini dapat memperoleh penghargaan sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) kategori informatif dalam ajang anugerah keterbukaan informasi publik yang diselengarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) bertempat di Atria Hotel Gading Serpong Tanggerang, pada Rabu (14/12/22).

Pada tahun sebelumnya, UBB juga berhasil menjadi PTN informatif dengan nilai 92,37. Sedangkan di tahun ini kembali memperoleh penghargaan tersebut dengan adanya peningkatan nilai sebanyak 3 poin menjadi 95,42. Penghargaan ini sendiri merupakan suatu ajang bergensi dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dimana hampir seluruh lembaga pemerintahan mengikuti ajang tersebut.

Anugerah ini diberikan setelah diadakan monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik.

Adanya pencapaian keberhasilan tersebut, Rektor UBB Dr.Ibrahim, M.Si. sekaligus sebagai atasan Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyampaikan bahwa pada prinsipnya tentu kita bersyukur mendapatkan kategori informatif, sebagaimana bahwa kategori ini adalah sebuah pemeringkatan tertinggi dalam pemeringkatan keterbukaan informasi oleh KIP dan ini adalah tahun kedua UBB mendapatkan kategori informatif ini.

“Dari sisi pemeringkatan belum banyak kategori perguruan tinggi yang masuk informatif, baru ada 25 kampus diseluruh indonesia yang masuk dalam klaster informatif dan UBB adalah satu diantaranya. Selain itu, pada dasarnya peanugerahan ini merupakan sebuah proses untuk kita memastikan bahwa informasi publik memadai dibuka sesuai dengan ketentuan perundang-undangan ,” ungkapnya.

Dirinya menyatakan, dalam proses penilaiannya tentu kita melewati beberapa tahap diantaranaya adalah monitoring dari tim dan assesment terhadap penilaian dan kemudian adalah pembinaan.

“Saya pikir ini adalah hasil kerja keras teman-teman di kampus untuk memenuhi semua indikator yang dibutuhkan dan kedepannya kita akan terus memenuhi berbagai indikator yang diminta dan ini juga akan terus kita pertahankan,” sebutnya.

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah melakukan proses input data, perbaikan, wawancara dan ini adalah kerjasama tim yang dibentuk secara khusus untuk memenuhi kriteria yang diminta KIP.

Sedangkan Ketua PPID UBB Dr. Dwi Haryadi, S.H., M.H. merasa bersyukur atas perolehan kembali menjadi PT dengan kategori informatif pada tahun ini.

“Alhamdulillah tahun ini UBB kembali meraih anugerah sebagai Kampus Informatif dari Komisi Informasi Republik Indonesia sebagimana juga sudah kita raih tahun lalu. Artinya, kita bisa mempertahankan sebagai Kampus informatif meskipun ditahun ini ada banyak perubahan indikator penilaian,” ungkapnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm