Ban mobil listrik Lexus(Dok. KOC)
Ban mobil listrik Lexus(Dok. KOC) ( KOMPAS.COM)

Jangan Asal Beli, Mobil Listrik Memiliki Ban Khusus

17 Desember 2022 22:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil listrik memiliki cukup banyak perbedaan dibandingkan dengan mobil konvensional. Salah satunya adalah ban yang digunakan.

Seperti diketahui, ban jadi salah satu komponen yang krusial pada semua mobil. Sayangnya, tak sedikit orang yang menanggap semua ban sama saja.

Padahal, untuk mobil listrik, ban yang digunakan dibuat secara khusus. Sebab, ban tersebut memiliki kemampuan yang berbeda dari ban mobil biasa.

Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette mengatakan, ban untuk mobil listrik dirancang supaya bisa membawa beban kendaraan dengan bobot yang lebih berat.

Selain itu, ban tersebut juga bisa mengatasi torsi tinggi dan menghasilkan suara lebih sunyi saat digunakna.

"Ban khusus EV juga dibuat agar memiliki rolling resistance atau hambatan gulir yang rendah supaya memperpanjang jarak tempuh mobil listrik jika dibandingkan dengan menggunakan ban biasa," ujar Steven, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Steven, hambatan gulir yang rendah akan berdampak pada penggunaan energi. Sehingga, baterai mobil juga akan lebih awet pemakaiannya.

Sebaliknya, mobil listrik menggunakan ban mobil biasa, maka dampaknya ada pada jarak tempuh.

"Jika menggunakan ban biasa, maka jarak tempuh dalam kondisi sekali charging penuh akan lebih pendek jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan ban khusus EV," kata Steven.

Steven menambahkan, ban yang digunakan akan menjadi cepat aus dan harus sering diganti. Sehingga, pengeluaran untuk penggantian ban jadi bertambah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Asal Beli, Mobil Listrik Punya Ban Khusus", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/17/140200315/jangan-asal-beli-mobil-listrik-punya-ban-khusus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm