Ilustrasi bandeng presto.
Ilustrasi bandeng presto. ( DOK.SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H)

Bisa Buat Stok Lauk, Berikut 8 Cara Buat Bandeng Presto Sambal Tomat

18 Desember 2022 11:50 WIB

SonoraBangka.id - Bandeng presto merupakan olahan ikan yang bisa dijadikan stok lauk untuk makan siang. Cara membuat bandeng presto mudah, dapat dicoba di rumah dengan sambal tomatnya. Cara membuat bandeng presto dimulai dari membumbui ikan dan marinasi selama sekitar satu jam, agar bumbu meresap dalam daging ikan. Simak cara membuat bandeng presto berikut ini, dikutip dari buku "Petunjuk Praktis Membuat Bandeng Presto" (2016) karya Neni Suhaeni terbitan Penerbit Nuansa Cendekia. 

1. Membumbui ikan

Sebelum ikan dibumbui, kumpulkan ikan yang telah bersih dalam panci yang berisi larutan garam 3 persen, artinya 60 gram garam dilarutkan dengan dua liter air. Rendam ikan bandeng selama 20 menit. Setelah itu lumuri ikan dengan adonan bumbu yang telah disiapkan secara merata. Biarkan selama satu jam agar bumbu benar-benar meresap.

2.  Menyiapkan pressure cooker

Siapkan panci pressure cooker, pastikan sarang pelapis dasar pressure cooker dalam kondisi bersih. Alat ini sebagai pemisah, supaya ikan tidak lengket pada dasar panci. Kapasitas pressure cooker tergantung jumlah dan ukuran bahan, contohnya seperti panci berkapasitas enam liter mampu menampung lima kilogram ikan bandeng yang telah dibumbui.

3. Membungkus ikan

Setelah itu bungkus ikan bandeng dengan daun pisang atau alumunium foil atau bisa juga plastik. Pastikan pembungkus rapi agar bandeng tidak hancur ketika diangkat. Susun ikan bandeng secara selang-seling, berlawanan antara ekor dan kepala. Jika ada sisa bumbu sebaiknya dituangkan ke dalam panci agar wanginya lebih kuat.

4. Merebus ikan

Tutup rapat pressure cooker yang telah berisi ikan bandeng, lalu panaskan sampai mendidih. Setelah dipanaskan beberapa saat, air akan mendidih tetapi uap tidak dapat keluar kerena tertahan oleh tutup yang sangat rapat, sehingga meningkatkan tekanan di dalam alat pressure cooker. 

5. Mendinginkan ikan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm