Ilustrasi menangis
Ilustrasi menangis ( SHUTTERSTOCK )

Beda Orientasi Antar Gender, Ini Alasan Perempuan Lebih Sering Menangis

18 Desember 2022 17:51 WIB

SonoraBangka.id - Ahli menyebut, menangis ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah baik untuk kesehatan psikologis.

Namun, menangis bukan tanda kelemahan. Apalagi disebut kebiasaan yang hanya sesuai bagi perempuan.

Bahwa perempuan yang lebih banyak melakukannya, bukan berarti tabu jika laki-laki juga menangis.

Menangis atau cara lainnya, hanya soal pilihan untuk mengekspresikan isi pikiran.

Bukti kuat menangis bukan perilaku khas perempuan adalah bahwa sejak lahir, baik bayi laki-laki maupun perempuan, melakukan komunikasi pertamanya lewat tangisan.

Entah sejak kapan laki-laki berhenti menangis dan perempuan masih melakukannya, sehingga menangis seakan perilaku yang hanya melekat pada perempuan.

Menangis, tak beda dengan ekspresi komunikasi lainnya.

Perilaku seperti membentak, memuji, memaki, merayu, menghardik, dan membujuk, seluruhnya mewakili isi pikiran. Tindakan yang disampaikan dengan makna tertentu.

Dalam penelitian berjudul, Holding Back the Tears: Individual Differences in Adult Crying Proneness Reflect Attachment Orientation and Attitudes to Crying yang dilakukan Penggilingan Abigail, Erica G. Hepper, Claire M. Hart, dan Louise Swift, 2016, dengan mengutip pendapat Vingerhoets dan Cornelius, 2001, menangis punya latar belakang emosional yang unik bagi manusia.

Tak seperti ekspresi emosional lainnya, menangis adalah perilaku universal namun sifatnya khas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm