Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock)

Tanpa Ditakuti, Ini 5 Tips Ajak Anak ke Dokter Gigi Tanpa Drama

18 Desember 2022 19:33 WIB

SonoraBangka.id - Bagi sebagian orang tua pernah menghadapi anak yang takut dan cemas saat diajak periksa ke dokter gigi.

Ya, biasanya untuk anak jika pergi ke tempat yang tidak dikenal dengan peralatan yang tampak asing baginya menimbulkan ketakutan tersendiri.

Terlebih, jika anak-anak memiliki pengalaman trauma di masa kecil saat pergi ke dokter gigi dengan perawatan yang menyakitkan.

Untuk itu, perlu dukungan dan bantuan dari orang tua dengan memberikan edukasi dan pengertian ke anak akan pentingnya kesehatan gigi.

Ingatlah, jangan gunakan ancaman pergi ke dokter untuk mendisiplinkan sikap anak, karena itu justru akan menambah kecemasannya.

Melansir dari Saginaw Pediatric Dentistry, berikut lima tips ajak anak periksa ke dokter gigi secara lembut dan tanpa drama.

1. Ajak anak saat kamu periksa gigi

Sedari dini, cobalah mengajak anak untuk mengenali lingkungan, peralatan, dokter, dan suasana klinik gigi.

Persilakan mereka masuk dan melihatmu merawat gigi, misalnya pembersihan karang gigi, dan berikan informasi bahwa giginya bersih dan tidak sakit.

2. Periksa ke dokter gigi khusus anak-anak

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm