( )

Begini Isi Ramalan Jayabaya tentang Indonesia di Tahun 2023

23 Desember 2022 07:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Ramalan Jayabaya 2023 merupakan ramalan yang diungkap oleh seorang raja asal Nusantara, yakni Raja Jayabaya yang berasal dari Kerajaan Kediri dengan masa pemerintahan tahun 1133-1157.

Raja Jayabaya merupakan sosok raja yang memang terkenal dengan ramalan-ramalannya yang diprediksi akan terjadi pada tahun depan. Segera memasuki awal tahun, ramalan Jayabaya 2023 sudah mulai dinanti-nantikan.

Ramalan Jayabaya 2023 menggambarkan bagaimana kondisi Indonesia di tahun depan. Ramalan Jayabaya 2023 memprediksikan berbagai macam bentuk situasi dan kondisi yang kemungkinan dapat terjadi di tahun depan.

Isi dari ramalan Jayabaya 2023 antara lain adalah kondisi alam Indonesia mendatang, kondisi ekonomi Indonesia mendatang, kondisi politik yang akan terjadi, prediksi pandemi, dan perkembangan teknologi transportasi mendatang.

Berikut ini penjelasan dari isi ramalan Jayabaya 2023 dengan berbagai prediksinya. Yuk, simak.


1. Ramalan Jayabaya 2023 mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami kondisi alam yang mengkhawatirkan

Isi dari ramalan Jayabaya 2023 yang pertama adalah mengenai kondisi alam Indonesia mendatang. Ramalan Jayabaya 2023 mengatakan bahwa kondisi alam di Indonesia akan mengalami fase yang mengkhawatirkan.

Ramalan Jayabaya 2023 juga mengatakan bahwa kondisi alam yang mengkhawatirkan dilatarbelakangi oleh terjadinya bencana alam yang didominasi oleh elemen air, api, dan batu.

Ramalan Jayabaya 2023 yang satu ini memang berkaitan dengan beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia belakangan ini. Akhir-akhir ini, Indonesia kerap dilanda beberapa bencana alam seperti gempa bumi yang disebabkan oleh erupsi gunung berapi.


2. Ramalan Jayabaya 2023 mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami resesi besar

Isi dari ramalan Jayabaya 2023 selanjutnya adalah Indonesia akan mengalami resesi besar-besaran pada tahun 2023 yang menyebabkan kemiskinan dimana-mana. Ramalan tentang hal ini ditulis dengan tulisan "wong golek pangan koyo gabah diinteri" oleh Raja Jayabaya yang artinya adalah "orang-orang akan kelabakan dalam bertahan hidup layaknya beras yang digoyang-goyangkan dalam tampah".

Isu resesi besar-besaran juga sempat ramai akhir-akhir ini. Banyak influencer di berbagai platform media sosial membesar-besarkan isu ini dengan menjelaskan sebab dan akibatnya dan cara preventif dalam mengatasi hal ini.


3. Ramalan Jayabaya 2023 mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami kekacauan politik

Setelah isu ekonomi, ramalan Jayabaya 2023 juga memprediksi tentang kondisi politik Indonesia di tahun depan. Kondisi politik Indonesia diprediksi akan mengalami kekacauan menurut ramalan Jayabaya 2023.

Raja Jayabaya mengatakan "besok yen ono peperangan tekoso wetan kulon kidul lan lor, akeh wong becik sengsara, wong jahat saya seneng" dan "ono peperangan in jero amarga poro pangkat akeh sing podo salah paham".

Arti dari perkataan Raja Jayabaya tersebut adalah "Besok jika ada perang antara timur, barat, selatan, dan utara, banyak orang baik akan sengsara, dan orang jahat akan bahagia" dan "ada perang internal karena ada banyak kesalahpahaman pangkat dan arsip".

Ungkapan Raja Jayabaya tersebut menggambarkan kondisi politik di tahun depan di mana akan banyak perang saudara yang disebabkan oleh kesalahpahaman dalam politik Indonesia.


4. Ramalan Jayabaya 2023 mengatakan bahwa pandemi di Indonesia belum berakhir

Isi ramalan Jayabaya 2023 selanjutnya berisikan isu pandemi yang belum berakhir. Raja Jayabaya mengatakan, "akeh wong dicokot lembut mati lan akeh wong dicokot semut sirno" yang berarti "jika orang yang digigit nyamuk mati dan banyak orang yang digigit semut hilang".

Semut adalah sebuah istilah untuk ungkapan virus yang menyebar saat pandemi yang diramal akan terjadi pada tahun 2023.


5. Ramalan Jayabaya 2023 mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami peningkatan teknologi transportasi

Isi dari ramalan Jayabaya 2023 yang terakhir adalah Indonesia akan mengalami peningkatan dalam hal teknologi. Indonesia diramal akan memiliki banyak transportasi baru yang lebih modern. Raja Jayabaya mengatakan, "akeh omaheng duwur jaran" yang artinya adalah "banyak rumah di atas kuda".

Kuda dalam tulisan tersebut merujuk pada kendaraan atau alat transportasi yang digunakan pada zaman dahulu. Lalu, perkataan dari ramalan Jayabaya 2023 tersebut memiliki kognisi pada betapa modernnya transportasi-transportasi yang tercipta nanti.

Itulah kelima ramalan Jayabaya 2023 yang diprediksi oleh Raja Jayabaya beberapa puluh ribu tahun yang lalu. Di samping banyaknya kekacauan yang diprediksi akan terjadi di tahun depan menurut ramalan Jayabaya 2023, semoga kita akan selalu berada dalam lindungan tuhan. Aamiin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm