Ilustrasi wanita hamil nyetir mobil sendiri
Ilustrasi wanita hamil nyetir mobil sendiri ( Kompas.com)

Ternyata Boleh, Mau Tahu Tips Menyetir Mobil Saat Hamil?

24 Desember 2022 08:52 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini tidak sedikit perempuan yang mengendarakan kendaraan sendiri, tak terkecuali saat sedang hamil juga.

Lantas bagaimana jika dalam kondisi hamil atau tengah mengandung, apakah masih aman bagi perempuan membawa mobil sendiri?

Menurut Roslianna Ginting, Director and Founder Real Driving Centre (RDC), mengendarai mobil saat hamil memang memiliki risiko yang lebih besar, baik untuk calon ibu maupun janin di dalam kandungan.

Kendati begitu, bukan berarti tidak bisa sama sekali—meskipun menurutnya jika memungkinkan lebih baik untuk tidak dilakukan.

Karena saat hamil perempuan akan menjadi lebih rentan dan mudah merasa lelah, bahkan stres.

“Aman atau tidak itu tergantung. Jika perempuan sedang hamil, kita lihat dulu kondisinya di trimester pertama, biasanya orang bedabeda tingkat staminanya. Karena tiga bulan pertama itu sangat rawan, ada yang mual-mual. Tiga bulan kedua, biasanya relatif aman tapi tetap sebaiknya atas izin dokter,” ujar Roslianna kepada NOVA.

Senada dengan itu, dikutip dari Gridoto, dr. Liva Wijaya, SpOG., menghimbau agar ibu hamil harus tetap berhati-hati pada saat trimester pertama, karena ada mual dan muntah.

Lebih baik tidak mengendarai kendaraan karena menyebabkan risiko lemas, dan penurunan konsentrasi.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil bagi perempuan hamil.

1. Kendaraan dan fisik kita dalam keadaan baik

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm