Menggebrak awal 2022, Triumph Motor Indonesia meluncurkan lima motor baru model 2022.(KOMPAS.com/Gilang)
Menggebrak awal 2022, Triumph Motor Indonesia meluncurkan lima motor baru model 2022.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Dorna Gandeng Triumph Jadi Mitra Uji Bensin E40 pada Moto2

26 Desember 2022 21:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Triumph telah menandatangani kesepakatan baru dengan Dorna Sports untuk menguji bahan bakar berkelanjutan atau ramah lingkungan yang akan dipakai di Moto2 pada musim 2024.

Triumph yang merupakan pemasok mesin Moto2 saat ini akan menguji performa bahan bakar baru di Hinckley, Inggris. Bensin E40 itu mempunyai kandungan 40 persen non-fosil pada 2024 dan E100 pada 2027.

Tujuan program pengujian ini yaitu untuk memastikan bahan bakar berkelanjutan yang nanti dipakai dapat menghasilkan performa yang sama dengan bahan bakar fosil standar.

Menurut Triumph, proyek tersebut lebih jauh menggarisbawahi fokus perusahaan untuk memastikan bahwa motor bensin tetap dapat dipakai selama bertahun-tahun yang akan datang tapi lebih ramah lingkungan.

Steve Sargent, Chief Product Officer Triumph, mengatakan, selain soal bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, tujuan akhirnya ialah bagaimana teknologi baru itu bisa diaplikasikan ke motor produksi massal.

“Pada akhirnya, tujuan kami adalah selalu mengambil semua pembelajaran yang kami peroleh dari balap untuk membuat motor jalan raya kami menjadi lebih baik, yang tentu saja tidak hanya mencakup performa tetapi juga dampaknya terhadap lingkungan," kata Sargent mengutip Bikesrepublic, Senin (26/12/2022).

“Saya dapat memberi tahu Anda bahwa semua orang di Triumph sangat bersemangat untuk terlibat dalam perkembangan yang begitu signifikan pada momen penting dalam sejarah motor,” kata dia.

Baru-baru ini juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez berada di Jarama, Spanyol untuk menguji bahan bakar terbarukan dengan Repsol setelah MotoGP diharuskan memenuhi standar E40 pada 2024.

Repsol juga disebut telah menyelesaikan tes bahan bakar terbarukan dengan pebalap tim uji coba Honda, yaitu Toni Bou dan Gabriel Marcelli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dorna Gandeng Triumph Jadi Mitra Uji Bensin E40 di Moto2", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/26/104200215/dorna-gandeng-triumph-jadi-mitra-uji-bensin-e40-di-moto2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm