Ilustrasi proses membakar sosis.
Ilustrasi proses membakar sosis. ( PIXABAY/ Dhito 10)

Bumbunya Meresap Dan Matang Merata, Berikut 4 Cara Panggang Sosis

27 Desember 2022 20:55 WIB

SonoraBangka.id - Sosis merupakan salah satu bahan makanan yang enak diolah menjadi apa saja. Misalnya, diolah menjadi isian sup, ditumis dengan aneka sayuran, hingga dipanggang dengan beragam bumbu bakaran. Kalau kamu sedang menyimpan banyak stok sosis di rumah, keluarkan dan olah menjadi hidangan spesial saat tahun baru. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips membuat sosis panggang berikut ini. 

1. Potong sosis memanjang

Dilansir dari laman The Spruce Eats, potong sosis memanjang, kerat menjadi tiga bagian tidak putus. Setelah itu, tata bagian kulit terbuka menghadap ke atas agar tidak kering.

2. Jaga api tetap rendah

Dalam laman tersebut menyebutkan, jika ingin membuat sosis panggang matang merata caranya dengan menjaa api tetap rendah. Walau durasi masaknya akan terasa lebih lama, tetapi cara tersebut bisa membuat sosis panggang menjadi lebih lembut dan matang merata. Ditambahkan dari laman Serious Eats, sosis yang dipanggang dengan suhu tinggi bisa membuat bagian luarnya lebih cepat matang. Selain itu, api panas bisa membuat jaringan yang melapisi sosis akan mengembang dan terlihat montok saat masih panas. Namun, cara tersebu salah karena saat sosis diangkat dari panggangan maka sosis akan mengerut. 

3. Taburi dengan garam

Garam bisa menjaga tekstur sosis menjadi lebih baik. Jadi, taburan garam bisa membuat teksturnya lebih lembab dan sosis tidak mengerut lebih cepat.

4. Beri bumbu olesan

Kamu bisa menggunakan margarin, kecap manis, atau saus lada hitam sebagai bumbu olesan sosis bakar. Oleskan saat sosis masih mentah, setengah matang, dan matang agar bumbu meresap sempurna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Panggang Sosis agar Matang Merata dan Bumbu Meresap ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/27/121300475/4-cara-panggang-sosis-agar-matang-merata-dan-bumbu-meresap-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm