Penjual ayam di Pasar Pagi Pangkalpinang melayani pembeli, Kamis (23/6/2022).
Penjual ayam di Pasar Pagi Pangkalpinang melayani pembeli, Kamis (23/6/2022). ( )

Harga Daging Ayam Merangkak Naik, Disperindag Pangkalpinang : Stok Terbatas Jadi Pemicu

28 Desember 2022 06:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Harga Daging ayam jelang tahun baru kini alami kenaikan signifikan. Dimana saat ini harga jual Ayam di Kota Pangkalpinang hingga mencapai harga Rp40.000  per kilogram.

Kenaikan harga jual daging ayam yang signifikan diakui oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, Andika Saputra mengatakan kenaikan harga ayam dipicu oleh  stok ayam yang saat ini terbatas.

"Berdasarkan informasi dari Distributor terjadi pemotongan kuota DOC ( Day Old Chicken) dari Kementan sehingga stok ayam sedikit berkurang sementara permintaan justru naik apalagi menjelang HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional)," ujar Andika kepada Bangkapos.com, Selasa (27/12/2022).

Berdasarkan laporan di lapangan, Andika menyebutkan harga jual rata-rara daging ayam potong di pasar Kota Pangkalpinang Rp 38. 000/kg bersih hingga 40.000/kg bersih.

Sedangkan harga ayam di tingkat broker berkisar Rp. 26.000/ kg untuk ayam hidup dan untuk ayam potong Rp. 31.000 /kg bulat serta Rp. 36.000/ kg bersih. 

"Ada beberapa distributor harganya bervariasi tergantung dengan ukuran besar atau kecil," sebutnya.

Andika mengatakan stok ayam di Kota Pangkalpinang saat ini masih turut mengandalkan dari luar daerah. Untuk itu hal ini juga turut mempengaruhi harga jual. 

"Memang stok ayam ini hanya sedikit dari peternak lokal. Jadi kebanyak memang didatangan dari luar," ujarnya.

Dalam menjaga stabilitas harga, Andika menyebutkan pihaknya turut terjun langsung ke lapangan untuk memantau atau melakukan investigasi.

"Kami dari diskopdag akan tetap turun ke lapangan dalam mengontrol kenaikan harga ayam fan bahan pokok lainnya agar jangan terlalu melonjak kenaikannya sampai akhir tahun,"tambahnya Andika.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Harga Daging Ayam Naik, Disperindag Pangkalpinang Sebut Stok Terbatas Jadi Pemicu, https://bangka.tribunnews.com/2022/12/27/harga-daging-ayam-naik-disperindag-pangkalpinang-sebut-stok-terbatas-jadi-pemicu.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm