Oliebollen, kue tahun baru di Belanda
Oliebollen, kue tahun baru di Belanda ( SHUTTERSTOCK/POLEIJPHOTO)

Trending di Google, Mau Tahu Asal-Usul Oliebollen yang Mirip Odading?

3 Januari 2023 08:52 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini salah satu hal yang trending di Google adalah panganan yang bernama Oliebollen. Tapi, sebetulnya apasih oliebollen tersebut?

Mungkin nama oliebollen memang masih asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia.

Oliebollen sendiri adalah donat goreng khas Belanda yang biasanya disantap saat perayaan besar seperti Natal dan malam tahun baru.

Menurut The Spruce Eats, secara harfiah oliebollen berarti bola minyak karena adonan donat digoreng dalam minyak banyak.

Oliebollen terbuat dari bahan yang biasanya menjadi stok di dapur seperti tepung terigu, garam, air, gula, dan ragi. Donat goreng ini biasanya diberi taburan gula halus.

Sekilas, tampilan oliebollen mirip dengan odading alias roti goreng khas Indonesia.

Lantas bagaimana awal mula munculnya oliebollen? Melansir Sbs.com.au, tidak diketahui awal mula sebenarnya dari oliebollen.

Terdapat sejumlah pendapat salah satunya adalah oliebollen dipercaya berasal dari zaman pagan karena dimakan oleh suku Germanic saat merayakan Yule. 

Namun, diketahui bahwa resep oliebollen pertama kali disebutkan pada abad ke-17 dalam sebuah buku masak Belanda berjudul "De verstandige kock oft sorghvuldige huyshoudster".

Donat goreng khas Belanda disebut sebagai oliekoecken (kue minyak) pada buku masak tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm