Ilustrasi resign
Ilustrasi resign ( SHUTTERSTOCK )

Apakah Kita Berhak Mendapatkan Pesangon Jika Mengajukan Resign?

4 Januari 2023 19:36 WIB

SonoraBangka.id - Informasi mengenai ada atau tidaknya uang pesangon bagi karyawan yang mengundurkan diri memang penting untuk diketahui.

Uang pesangon merupakan salah satu hak karyawan yang harus diberikan oleh perusahaan ketika karyawan memasuki masa pensiun atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Meskipun jenis uang ini erat kaitannya dengan dua peristiwa tersebut, namun tak sedikit karyawan yang bertanya-tanya apakah mereka akan mendapatkan pesangon ketika resign.

Lantas, apakah karyawan yang resign juga berhak mendapatkan pesangon? Sebelum itu, Kawan Puan harus tahu dulu syarat karyawan resign.

Aturan mengenai resign sendiri diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja.

Melansir Kompas.com, dalam regulasi tersebut dijelaskan bahwa pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri harus memenuhi syarat berikut ini:

- Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri;

- Tidak terikat dalam ikatan dinas;

- Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.

Hak karyawan mengundurkan diri

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm