Ilustrasi investasi aset kripto
Ilustrasi investasi aset kripto ( KOMPAS.com)

Popularitas Kripto Meredup, Nilai Transaksinya di Tanah Air Turun 63 Persen

5 Januari 2023 16:57 WIB

SonoraBangka.ID - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat, nilai transaksi aset kripto di Indonesia turun signifikan pada tahun 2022, dibanding tahun sebelumnya.

Plt. Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko mengatakan, sejak Januari hingga November 2022, nilai transaksi kripto di Tanah Air mencapai Rp 296,66 triliun, turun sekitar 63 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 801,85 triliun.

"Kalau kita lihat, transaksi aset kripto turun drastis," kata dia, dalam Outlook Bappebti 2023, Rabu (4/1/2023).

Penurunan nilai transaksi itu sejalan dengan sebuah survei yang dilakukan lembaga Amerika Serikat (AS). Didid bilang, survei itu menyebutkan, popularitas aset kripto menurun pada tahun lalu.

"Yang sudah pegang bahkan tidak ingin lagi. Jadi popularitasnya menurun," ujarnya.

Maklum saja, tahun 2022 memang dinilai sebagai musim dingin atau winter bagi aset kripto. Harga aset kripto besar berguguran sepanjang tahun lalu, imbas dari berbagai sentimen global.

Didid menilai, fenomena winter crypto masih akan berlanjut hingga tahun ini. Menurutnya, saat ini harga kripto belum mencapai titik terendah, namun sudah mendekatinya.

"Artinya 2023 tampaknya walaupun tidak semakin memburuk, terapi untuk rebound masih belum sepenuhnya," kata dia.

Jumlah investor kripto masih meningkat

Di tengah penurunan popularitas kripto, Bappebti mencatat, jumlah investor kripto di Tanah Air masih mengalami peningkatan. Tercatat hingga November 2022, jumlah investor kripto di Indonesia mencapai 16,55 juta pelanggan terdaftar.

"Jika dilihat dari pelanggan terdaftarnya, ini mengalami peningkatan yang lumayan pesat," katanya.

Secara tahun kalender, jumlah investor kripto bertambah sekitar 5,35 juta pelanggan. Akan tetapi data Bappebti menunjukan, pada periode September-November 2022 terjadi penurunan penambahan investor baru kripto yang cukup signifikan.

"Peminat aset kripto semakin banyak," ucap Didid.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Popularitas Kripto Meredup, Nilai Transaksinya di Tanah Air Anjlok 63 Persen", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/01/05/071000126/popularitas-kripto-meredup-nilai-transaksinya-di-tanah-air-anjlok-63-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm