Jenis minyak paling cocok untuk membuat sambal matah adalah minyak kelapa, minyak salad, dan minyak kelapa sawit.
Jenis minyak paling cocok untuk membuat sambal matah adalah minyak kelapa, minyak salad, dan minyak kelapa sawit. ( SHUTTERSTOCK/Yoz_Ardy)

Harum Dan Segar, Berikut Ini Cara Membuat Sambal Matah

7 Januari 2023 14:12 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu jenis sambal khas Nusantara yang menggugah selera adalah sambal matah.  Tak sulit membuat sambal matah, ada cara membuatnya agar tampilannya tampak segar selalu.  Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Jumat (19/06/2020), Chef Arosa Hotel Bintaro Jakarta, Erwin Hidayat menyarankan bahwa cabai untuk membuat sambal matah sebaiknya direndam dulu di es agar lebih segar. Takaran bahan dan cara membuat sambal matah ini bisa dikuti dari majalah "Saji / ED 387 JUN 2017" (2017) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Bikin untuk empat porsi makan.

Resep sambal matah segar dan harum 

Bahan 

16 butir bawang merah, iris halus

6 siung bawang putih, iris halus

18 buah cabai rawit merah, iris halus

1 sdt terasi bakar 

4 lembar daun jeruk, iris halus

3 batang serai, ambil putihnya, iris halus

1 sdt garam 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm