Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023) ( Dokumentasi Sekretariat Kabinet)

Jokowi Sebut Perusahaan Malaysia Teken 11 "Letter of Intent" soal IKN Nusantara

9 Januari 2023 17:23 WIB

SonoraBangka.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik minat para investor Malaysia untuk ikut membangun infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Jokowi mengatakan, sebanyak 11 Letter of Intent (LOI) telah ditandatangani sejumlah perusahaan swasta Malaysia.

"11 letter of intent telah ditandatangani sektor swasta Malaysia dan diserahkan ke Otorita IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi, dan properti," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/1/2023).

Pertumbuhan IKN Nusantara bermanfaat untuk Serawak dan Sabah

Dalam kesempatan yang sama, Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan dukungannya atas pembangunan IKN Nusantara.

Anwar mengatakan, dua wilayah Malaysia yang berdekatan dengan IKN Nusantara menyambut positif inisiatif Pemerintah Indonesia dalam membangun ibu kota negara.

"Rekan-rekan saya di Serawak dan Sabah memuji inisiatif (IKN) ini dan saya beritahu tadi itu inisiatif besar Bapak Presiden memposisikan saya dibanding dengan apa yang saya mampu lakukan untuk Sabah dan Serawak," kata Anwar.

Lebih lanjut, Anwar mengatakan, Malaysia akan ikut dalam membangun pertumbuhan di IKN Nusantara yang tentunya akan memberi manfaat untuk Serawak dan Sabah.

"Jadi begitu kita ambil pendekatan yang positif itu mencari jalan supaya pertumbuhan ibu kota negara Nusantara itu akan juga memberi manfaat kepada wilayah yang termasuk Serawak dan Sabah," ujarnya.

Karpet merah untuk investor Malaysia

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Pemerintah Indonesia akan memberikan berbagai kemudahan untuk para investor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, termasuk para investor dari Malaysia.

Hal tersebut disampaikan Basuki dalam Forum Investasi IKN Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional (MITI) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (30/11/2022).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm