Ilustrasi. Orangtua mendampingi anak belajar.
Ilustrasi. Orangtua mendampingi anak belajar. ( DOK. EDUTORE)

Jangan Hanya Nabung dan Investasi, Yuk Siapkan Dana Pendidikan Anak!

10 Januari 2023 08:48 WIB

SonoraBangka.id - Inflasi biaya pendidikan ini disebut-sebut lebih tinggi jika dibandingkan inflasi bahan kebutuhan pokok.

Ya, setiap tahunnya biaya pendidikan mengalami kenaikan, mulai dari TK sampai universitas.

Wajar jika banyak orangtua yang kini mulai sadar untuk menabung hingga berinvestasi untuk memenuhi biaya pendidikan anak.

Toh, memang sebaiknya biaya pendidikan disiapkan sedini mungkin.

Tapi, nih, masalahnya menabung dan mulai investasi saja enggak cukup jika tidak dibarengi beberapa hal di bawah ini. Apa itu?

1.Memilih Instrumen yang Tepat

Investasi jadi tidak efektif kalau kita salah pilih instrumennya. Perlu dipahami bahwa instrumen investasi memiliki hasil imbal balik berbeda-beda sesuai jangka waktu.

Untuk mengetahui instrumen investasi apa yang tepat, kita mesti sudah tahu berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan, dan kapan dana ini akan dipakai.

2.Jadikan Prioritas

Karena merasa masih lama, banyak juga orangtua yang menunda atau bahkan memakai terlebih dahulu alias “meminjam” dana yang sudah terkumpul. Ini jadi masalah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm