Pelek putih Vespa edisi khusus Justin Bieber akhirnya resmi masuk Indonesia melalui PT Piaggio Indonesia dipajang di salah satu gerai Vespa di kawasan Jakarta Barat, Jumat (26/8/2022). Desain Vespa Sprint ini terinspirasi dari kegemaran bintang pop Kanada itu mengendarai skuter keliling Eropa.(KOMPA
Pelek putih Vespa edisi khusus Justin Bieber akhirnya resmi masuk Indonesia melalui PT Piaggio Indonesia dipajang di salah satu gerai Vespa di kawasan Jakarta Barat, Jumat (26/8/2022). Desain Vespa Sprint ini terinspirasi dari kegemaran bintang pop Kanada itu mengendarai skuter keliling Eropa.(KOMPA ( KOMPAS.COM)

Apakah Pelek Motor yang Peang Bisa Diperbaiki?

10 Januari 2023 21:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pelek sepeda motor baru umumnya memiliki bentuk lingkaran sempurna. Tapi, seiring pemakaian bisa saja berubah menjadi peang atau ada lekukan.

Biasanya, pelek motor akan berubah bentuk kalau mengalami kecelakaan atau benturan. Jenis peang bisa beragam, tergantung seberapa kencang benturan yang terjadi ketika itu.

Lantas, pelek motor yang peang apakah bisa diperbaiki?

Pemilik Mohammad Toha Racing Bandung Galih, mengatakan pelek motor yang peang bisa diperbaiki, cuma saja tidak bisa mengembalikan sama persis dengan kondisi baru.

Pelek motor peang bisa saha diperbaiki, maksudnya peang kan garis lingkarannya tidak rata atau ada benjolan, bisa juga putaran pelek oleng, itu bisa diluruskan kembali dengan alat press khusus,” ucap Galih kepada Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Dia mengatakan semua pelek yang peang bisa diperbaiki, hanya saja dengan berbagai pertimbangan pelek yang sudah peang parah atau mendekati rusak sebaiknya tidak diperbaiki.

“Bisa-bisa saja diperbaiki separah apa pun peangnya, bahkan bila sampai ulangannya patah, itu bisa diperbaiki kembali, hanya saja perlu dipertimbangkan kembali karena biaya perbaikan pelek yang sudah rusak parah bisa mahal, bahkan hampir sama dengan harga barunya,” ucap Galih.

Dia juga mengatakan hasil perbaikan pelek sepeda motor tidak mampu mengembalikan performa pelek seperti baru.

“Namanya barang pernah rusak, meski sudah diperbaiki tampak baru, sebenarnya sudah mengalami cacat yang membuat pelek tidak sekuat pelek baru, jadi mungkin lebih mudah peang kembali karena struktur pelek pernah tertarik” ucap Galih.

Jadi, perbaikan pelek sepeda motor bisa saja dilakukan bahkan bisa menyerupai kondisi barunya, hanya saja perbaikan pelek yang sudah peang tidak akan bisa mengembalikan pelek sama persis dengan kondisi barunya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Pelek Motor Peang Bisa Diperbaiki?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/10/121200215/apakah-pelek-motor-peang-bisa-diperbaiki-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm