Ilustrasi ayam jahe ala restoran Chinese Food.
Ilustrasi ayam jahe ala restoran Chinese Food. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Food Shop)

Menu Makanan Pilihan Buat Sambut Imlek, Berikut Cara Membuat Ayam Jahe

17 Januari 2023 15:00 WIB

SonoraBangka.id - Selain ikan gurame, kamu juga bisa menghidangkan olahan ayam saat Imlek. Ayam jahe bisa kamu hidangkan untuk menu makan keluarga.  Kamu bisa menambahkan nasi putih hangat yang membuat pengalaman makan ayam jahe makin mengesankan. Pada resep ayam jahe ala restoran Chinese Food ini, ayam dilumuri dengan bumbu dari parutan jahe, kemudian dikukus hingga matang.  Selengkapnya, simak cara membuat ayam jahe untuk Imlek dari buku "Indonesian-Chinese Cooking (HC)" (2013) oleh Cherry Hadibroto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep ayam jahe 

Bahan 

1 ekor atau 800 gram ayam kampung muda, potong 4

8 cm jahe tua, parut searah serat, peras

Bumbu rendam 

2 sdm jahe parut, ambil airnya

1/2 sdt merica bubuk 

3 sdm kecap asin

1 sdt minyak wijen 

3 siung bawang putih, haluskan 

Cara membuat ayam jahe

1. Oles sambil diremas-remas badan ayam dengan bumbu perendam. Biarkan selama 1 jam. Taruh di pinggan tahan panas, tutup dengan kertas alumunium. Kukus selama 60-90 menit sampai daging empuk dengan api sedang. 

2. Potong sesuai selera, selagi ayam masih panas. Pindahkan ke piring saji, siramkan cairan hasil mengukus. Panaskan sekitar tiga sendok makan minyak, tumis jahe parut sampai kering kecoklatan. Tuang bersama minyak ke atas ayam, hidangkan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Ayam Jahe, Menu Makan Pilihan Sambut Imlek ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/17/090700075/resep-ayam-jahe-menu-makan-pilihan-sambut-imlek-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm